Jumat, 16 Januari 2015

Bagaimana Asap Dari Perokok Mempengaruhi Jantung Anda

Walaupun Anda tidak merokok, asap rokok dari orang lain selain dapat meningkatkan risiko kanker paru, dia juga dapat merusak pembuluh darah dan membuat jantung Anda bekerja lebih berat. Menurut lembaga CDC Amerika Serikat, paparan terhadap asap rokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 25-30%.


Pengaruh Menjadi Perokok Pasif Terhadap Jantung Anda
Ketika racun yang berasal dari asap rokok naik ke dalam sistem tubuh Anda, dia akan merusak dinding pembuluh darah Anda. Hal ini mengakibatkan menempel dan menumpuknya plak di sepanjang dinding pembuluh darah. Pembuluh darah Anda akan menyempit dan kaku, sehingga aliran darah pun terganggu tekanan darah pun lama kelamaan akan meningkat.

Jika berkelanjutan, kondisi ini dapat memicu terjadinya serangan jantung. Dan apabila tumpukan plak terlepas dan menyumbat pembuluh darah di otak, akan memicu terjadinya serangan stroke.


Ceritakan Kalau Anda Adalah Perokok Pasif
Kebanyakan dokter sering kali menanyakan apakah pasiennya perokok atau bukan. Namun, jarang ada yang menanyakan apakah pasiennya hidup atau tinggal di sekitar perokok atau sering terpapar asap rokok dari orang lain alias menjadi perokok pasif.

Apabila Anda tinggal atau sering berinteraksi dengan perokok, Anda juga harus mengatakannya kepada dokter Anda walaupun dia tidak menanyakannya. Dengan begitu, dokter Anda akan dapat melihat faktor risiko Anda terhadap penyakit jantung.


Lindungi Diri Anda Dari Asap Rokok Selain penting untuk menginformasikan kepada dokter Anda bahwa Anda sering terpapar asap rokok, Anda juga dapat mempertimbangkan langkah-langkah berikut untuk membatasi paparan asap rokok terhadap tubuh:

1. Minta kepada orang yang merokok di rumah atau tempat kerja Anda agar mau merokok di luar ruangan.

2. Jangan pernah izinkan orang untuk merokok di dalam mobil. Mobil adalah tempat tertutup dan akan membuat paparan terhadap asap rokok menjadi lebih buruk.

3. Hindari tempat-tempat seperti rumah makan yang mengizinkan pengunjungnya untuk bebas merokok.

4. Jika ada orang yang merokok di dekat Anda, minta agar orang tersebut mau menjauh dari Anda. Apabila dia tidak mau, Andalah yang pergi meninggalkannya.


Everyday Health: How Secondhand Smoke Risks Your Heart Health


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. ooh modelnya seperti keran yang di tahan, lalu setelah airnya menumpuk baru di buka y.....makanya banyak yang bilang klo stroke itu seperti syaraf yang tegang/kaku/ keram

    bener ga?
    :D hehhehehhe

    klo salah maafin deh :D

    BalasHapus
  2. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut: