Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 08 Oktober 2014

Makanan Yang Efektif Sebagai Obat Alami

Obat-obatan alami adalah salah satu alternatif terbaik dalam meredakan gejala penyakit. Mungkin tidak sekuat obat kimia, namun obat alami cenderung lebih aman digunakan karena efek sampingnya yang sangat kecil bahkan hampir tidak ada. Yang harus diperhatikan dalam penggunaan obat alami adalah apabila gejala penyakit masih belum reda, segeralah hubungi dokter Anda. Selain itu, apabila ada gejala alergi segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter.


Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit yang dapat diredakan dengan cukup efektif menggunakan obat-obatan alami yang direkomendasikan oleh para ahli:


1. Sakit Tenggorokan atau Batuk
Obat: Madu
Penelitian telah menemukan khasiat madu dalam meredakan tenggorokan yang gatal ataupun sakit. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh kandungan antibakteri dan antioksidan yang dimiliki oleh madu.

Tambahkan dua sendok teh madu ke dalam air hangat ataupun teh herbal. Minumlah secangkir tiap dua atau tiga jam sekali sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan madu ke dalam makanan lain seperti yogurt, salad, dan lain sebagainya.


2. Nyeri Otot
Obat: Jahe
Nyeri otot sering dialami setelah melakukan suatu aktivitas yang berat seperti berolah raga atau mengangkat beban berat. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Pain menemukan bahwa subjek penelitian yang mengangkat beban berat merasakan berkurangnya rasa nyeri pada otot sebesar 25% setelah mengkonsumsi 2 gram jahe mentah (sekitar 2 sendok teh) setiap harinya selama satu setengah minggu, dibandingkan ketika mereka tidak mengkonsumsinya.

Menurut para ahli, hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan di dalam jahe yang disebut gingerol yang memiliki efek pengurang radang sama seperti yang dimiliki obat seperti ibuprofen.

Selain memilki efek anti radang, jahe juga memiliki kemampuan untuk meredakan rasa mual seperti yang dialami ketika mabuk kendaraan.


3. Insomnia
Obat: Kiwi
Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa buah kiwi dapat membantu Anda untuk tidur lelap. Para peneliti di universitas Taiwan menemukan bahwa dengan mengonsumsi 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur selama sebulan, subjek penelitian dapat tidur lebih cepat 14 menit, memiliki durasi dan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menkonsumsi kiwi.

Menurut peneliti, buah kiwi ini dapat meningkatkan kadar serotonin yang berperan dalam menimbulkan rasa kantuk.


4. Migrain
Obat: Biji labu kuning
Rasa sakit pada kepala seperti pada kondisi migrain ternyata dapat pula diatasi dengan bahan alami yaitu biji buah labu kuning. Biji labu kaya akan kandungan magnesium. Penderita migrain seringkali mengalami defisiensi jenis mineral ini. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan konstriksi atau penyempitan pembuluh darah yang ada di otak, sehingga terjadilah rasa nyeri seperti pada kondisi migrain.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi seperempat cangkir biji labu sehari. Jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi setengah kebutuhan harian magnesium Anda. Anda dapat menambahkan biji labu ke dalam oatmeal ataupun salad sebagai penambah rasa renyah.


5. PMS
Obat: Kacang Almond
Jengkel dengan gangguan PMS? Salah satu solusi nikmatnya adalah dengan cemilan kacang almond. Penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang paling banyak mengkonsumsi riboflavin dari bahan makanan seperti kacang almond memiliki kecenderungan untuk mengalami PMS 35% lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak.

Riboflavin terlibat dalam meningkatkan neurotransmiter tertentu yang berperan dalam mengurangi munculnya gejala PMS. Dua ons kacang almond, atau sekitar 40 biji kacang almond, dapat memenuhi 30% dari kebutuhan riboflavin Anda.


6. Jet Lag
Obat: Buah Ceri
Buah ceri dapat membantu mengatasi gangguan jet lag akibat perjalanan jauh menggunakan pesawat. Buah ini kaya akan melatonin, suatu hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur Anda sehingga Anda akan merasa mengantuk ketika hari sudah mulai gelap dan merasa segar di siang harinya. Selain itu, buah ceri juga kaya akan vitamin A yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama perjalanan Anda.

Untuk mengatasi gejala jet lag, konsumsilah sekitar segenggam buah ceri atau segelas jus buah ceri di hari keberangkatan Anda. Lalu, lakukan hal yang sama untuk beberapa hari pertama ketika Anda sudah tiba di tempat tujuan.


7. GERD
Obat: Buncis
Selain baik untuk jantung, buncis juga dapat mencegah gejala gastroesophageal reflux disease, yaitu suatu kondisi penyakit di mana asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan menimbulkan gejala seperti rasa panas di dada.

Sebuah penelitian di jurnal Gut menemukan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buncis dan sayur-sayuran 20% lebih sedikit mengalami gejala GERD. Hal ini dikarenakan serat dapat membantu makanan keluar lebih cepat dari lambung, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya reflux asam lambung.



Women Health: 7 Home Remedies That Work


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    BalasHapus
  2. Hey keep posting such good and meaningful articles.

    BalasHapus
  3. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama