Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 28 Oktober 2014

Alternatif Alami Terapi Chemotherapy-induced Oral Mucositis

Kanker pada umumnya diterapi dengan satu atau lebih anti-neoplastic agent (obat kemoterapi) sebagai bagian dari perawatan standar. Salah satu efek samping yang dapat muncul dari perawatan kemoterapi adalah mukositis di rongga mulut, orofaring, dan saluran cerna. Paling tidak sekitar 30-40% pasien kemoterapi mengalami kondisi ini dimulai dari hari kelima sampai kesepuluh sejak dimulainya kemoterapi.


Mukositis oral memiliki karakteristik berupa peradangan, eritema, dan ulserasi dari membran mukosa rongga mulut. Kondisi ini menimbulkan rasa sakit yang akan mengganggu proses makan, yang dapat berlanjut dengan timbulnya komplikasi sekunder seperti dehidrasi, parageusia, dan malnutrisi.

Perawatan yang biasa diberikan untuk kondisi mukositis oral adalah menggunakan steroid topikal yang tentu lebih mahal.

Sebuah penelitian di jurnal BioMed Central Complement Alternative Medicine, 2014; 14(1):293, mencoba membandingkan terapi alami untuk mukositis oral menggunakan kopi dan madu dengan terapi menggunakan steroid topikal.

Dalam penelitian tersebut, 75 partisipan dibagi menjadi tiga grup, grup steroid yang diberikan larutan betamethasone, grup larutan madu dan kopi, dan grup larutan madu. Setiap partisipan diinstruksikan untuk meminum 10 ml dari larutan yang sudah diberikan dan menelannya, setiap 3 jam selama satu minggu.

Hasilnya, tiga macam terapi yang dilakukan ini sama-sama dapat mengurangi tingkat keparahan lesi. Namun, hasil yang terbaik diperoleh partisipan grup larutan madu dan kopi. Urutan kedua diperoleh grup larutan madu, dan urutan ketiga diperoleh grup larutan steroid. Dengan kata lain, larutan madu dan kopi merupakan terapi yang paling efektif di dalam penelitian ini untuk meredakan kondisi mukositis oral.

Dalam madu terkandung lebih dari 200 substansi seperti gula, protein, mineral, vitamin, asam organik, dan antioksidan. Menurut beberapa penelitian, antioksidan yang terkandung di dalam madu dapat meningkatkan pelepasan cytokine dan juga memiliki efek antibakteri. Lebih lanjut, madu dapat mengurangi peradangan, merangsang epitalisasi dan regenerasi jaringan, dan meningkatkan proses granulasi dan debridemen sehingga dapat mempercepat perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.

Kafein adalah alkaloid alami yang terdapat pada kopi, teh, cola, dan coklat. Kafein memiliki sifat hypoalgesic, antioksidan, dan anti radang.

Menurut peneliti, madu bekerja mempercepat penyembuhan lesi dengan cara mengurangi konsentrasi plasma prostaglandin. Madu juga memiliki antioksidan dan anti radang, serta meningkatkan nitric oxide pada lesi. Hasilnya, madu dapat mempercepat perbaikan dan penyembuhan deskuamasi mukosa dan mengurangi iritasi pada mukosa.

Peneliti masih belum bisa menjelaskan bagaimana kombinasi madu dan kopi bekerja. Namun, efek penyembuhan dari jaringan mukosa yang ada diduga merupakan pengaruh efek sinergis dari dua substansi ini, memperbaiki proses deskuamasi mukosa dan iritabilitas mukosa. Sehingga dengan kombinasi keduanya, proses penyembuhannya lebih cepat dibandingkan hanya dengan menggunakan madu saja.


ncbi.mlm.nih.gov : "Coffee plus honey" versus "topical steroid" in the treatment of Chemotherapy-induced Oral Mucositis: a randomised controlled trial.




Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

7 komentar:

  1. di ko kasabot... pwde komentar/coments.. english lang kayn para kasabot/understand ko..

    BalasHapus
  2. KEREN GAN ARTICLE NYA
    KUNJUNGI JUGA BLOG SAYA YA GAN
    =>http://chaniaj.blogspot.com
    http://www.dkipoker.com/dkipk/index.php

    BalasHapus
  3. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    BalasHapus
  4. Well with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the rewarding work.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama