Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 17 Oktober 2013

Apakah Jam Tidur Anda Terlalu Panjang?

Kita semua tahu pentingnya tidur untuk kesehatan. Namun, bukan berarti jam tidur kita yang panjang memberi dampak yang baik untuk kesehatan. Karena menurut sebuah penelitian terbaru dari lembaga Centers for Disease Control and Prevention milik Amerika Serikat, tidur yang berlebihan menandakan adanya suatu masalah kesehatan.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang memiliki jam tidur lebih dari 10 jam dalam semalam akan memiliki kecenderungan lebih untuk menderita penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas, dan stres psikis dibandingkan dengan mereka yang memiliki jumlah jam tidur optimal yaitu 7-9 jam.

Memiliki jam tidur yang panjang sampai lebih dari 10 jam mengindikasikan kualitas tidur yang buruk yang menyebabkan penderitanya lebih sulit untuk beranjak dari tempat tidurnya, kata Safwan Badr, M.d., President dari American Academy of Sleep Medicine.

Sebuah penyakit gangguan tidur yang disebut sleep apnea adalah penyebab dari kondisi ini. Sleep apnea dapat menyebabkan penderitanya terbangun sampai ratusan kali dalam sejam, sehingga penderitanya membutuhkan waktu tidur yang lebih lama untuk mengkompromikan kualitas tidurnya yang kurang baik ini.

Sayang, banyak penderitanya yang tidak menyadari kondisi ini dan sama sekali tidak tahu kalau otak mereka sering terbangun ketika tidur. Namun, ada beberapa gejala yang bisa menyertai sleep apnea, diantaranya mendengkur dan sakit kepala ketika terbangun dari tidur.

Apabila Anda merasa memiliki gangguan tersebut, cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda. Karena penelitian sebelumnya pun telah menemukan hubungan antara sleep apnea dengan peningkatan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, stroke dan depresi.


Men's Health: Are You Sleeping Too Much?


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.
Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama