Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 13 Juli 2013

6 Kesalahan Besar Anda Dalam Perawatan Kulit

beauty product
Kesehatan dan keindahan kulit merupakan aset penting semua wanita, tidak terkecuali bagi pria juga. Namun, ternyata masih banyak kesalahan fatal yang banyak dilakukan orang dalam merawat kulitnya.

Debra Luftman, M.D., seorang dokter ahli kesehatan kulit yang juga merupakan rekan penulis buku The Beauty Prescription, mencoba mengungkap berbagai kesalahan yang banyak dilakukan orang dalam melakukan perawatan kulit.


1. Terlalu banyak produk.
Seringkali kita melihat tayangan produk perawatan kulit di TV, dan berpikir "Saya harus memakai produk ini." Padahal, di meja rias Anda sudah banyak berjejer produk-produk perawatan kulit.

Memang bukan salah Anda, sudah menjadi tujuan dibuatnya tayangan komersial untuk menarik minat konsumen. Yang harus jadi pegangan kita tentunya adalah ilmu pengetahuan yang benar dari para ahli.

Menurut dokter Luftman, terlalu banyak mengkombinasikan berbagai produk kecantikan bukanlah suatu langkah yang tepat. Selain banyak menghabiskan waktu dan biaya, tindakan ini dapat menimbulkan risiko iritasi kulit.

Menurutnya, perawatan kulit rutin sehari-hari seharusnya hanya meliputi 3 sampai 4 jenis produk saja. Diantaranya cleanser, daily sunscreen, dan produk untuk tujuan tertentu seperti misalnya pelembab, anti acne, ataupun anti aging.

Produk tertentu seperti masker, atau krim khusus sebaiknya tidak untuk penggunaan sehari-hari. Begitu pula produk seperti scrub yang agak kasar ataupun toner sebaiknya juga digunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu saja.

2. Kurang tidur dan kurang minum
Tidur dan asupan cairan sangat penting untuk kesehatan kulit. Kekurangan cairan akan membuat kulit menjadi "kehausan", dan membuatnya tampak kering dan kusam.

Jadi pastikan asupan cairan harian Anda selalu terpenuhi, dan itu tidak mutlak 8 gelas sehari. Pada kondisi tertentu, misalnya ketika cuaca panas, tubuh Anda akan memerlukan lebih dari sekadar 8 gelas air.

Tidur lebih awal juga akan membuat kulit Anda memancarkan cahaya sehatnya. Tidur berperan penting dalam proses regenerasi kulit dan melancarkan peredaran darah ke kulit. Usahakan selalu penuhi anjuran tidur 7-8 jam tiap malam untuk kesehatan kulit Anda juga.

3. Memilih produk yang katanya bisa melakukan banyak hal.
Siapa yang tidak mau sesuatu yang praktis. Dengan satu produk, kulit menjadi lebih bersih, kerutan halus hilang, pori-pori mengecil, bintik hilang tersamarkan. Kedengarannya masalah hidup Anda dapat selesai dengan satu produk ini.

Namun kenyataannya, hampir tidak mungkin satu produk memiliki komposisi bahan dengan jumlah yang cukup untuk mengatasi semua masalah tersebut. Kalau pun jumlahnya cukup, produk tersebut mungkin akan terjadi keras untuk kulit Anda.

Dokter Luftman menganjurkan bahwa lebih baik memilih suatu produk dengan komposisi sedikit untuk mengatasi suatu masalah yang spesifik.

4. Kurang tepat dalam mengkombinasikan dan mengaplikasikan beberapa produk perawatan kulit.
Sangat penting bagi Anda untuk menentukan produk apa yang akan dipakai terlebih dahulu, produk apa yang dapat dikombinasikan

Ketika akan mengaplikasikan berapa produk dalam satu waktu, maka aplikasikan terlebih dahulu produk yang digunakan untuk perawatan. Misal ketika Anda menggunakan produk perawatan jerawat ataupun produk seperti retinol, maka aplikasikan terlebih dahulu produk tersebut sebelum Anda memakai basic moisturizer.

Selain itu, berkonsultasilah dengan ahli kesehatan kulit ketika Anda akan menggunakan beberapa produk dengan bahan yang mengiritasi. Seperti bahan yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid, dua bahan yang sering terkandung pada produk perawatan jerawat.

5. Memakai make up ketika berada di gym.
Mungkin Anda akan merasa tidak nyaman berada di tempat umum tanpa make up sedikit pun, tapi kulit wajah Anda akan berterima kasih untuk itu. Bahkan, tidak dianjurkan pula menggunakan make up yang mengklaim dirinya tidak akan menyumbat pori-pori. Jadi, selalu siapkan pembersih make up di tas gym Anda.

Jika Anda tidak bisa berkompromi dengan kondisi wajah tanpa make up, yang paling bisa Anda lakukan adalah menggunakan tinted moisturizer yang paling simpel. Namun pastikan produk ini tidak mengandung minyak.

6. Anda lupa memakai sunscreen.
Kita sudah sering mendengar pentingnya sunscreen, dan memang hal ini perlu sering diulang.

Tidak hanya melindungi kulit kita terbakar matahari dan mencegah kanker, sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang sering menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 15 atau yang lebih tinggi, akan memiliki kulit yang tampak lebih muda.

Anda boleh saja menggunakan moisturizer yang berperan ganda sebagai sunscreen, pastikan produk tersebut bebas minyak dan diklaim dapat melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB. Dan jika Anda berencana akan berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, maka gunakanlah sunscreen yang lebih kuat seperti sunscreen dengan SPF 30.


Women's Health: The 6 Biggest Skincare Mistakes

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama