Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 13 Juni 2013

Penyakit Yang Berisiko Meningkatkan Kadar Kolesterol

cholesterolTingginya kadar kolesterol dalam tubuh seseorang memang paling utama disebabkan oleh faktor genetik dan pola makan yang tidak sehat. Ternyata, ada beberapa kondisi kesehatan yang juga memengaruhi kadar kolesterol ini. Apa saja?


Kebanyakan orang memiliki kadar kolesterol dalam darah yang tinggi akibat faktor gaya hidup. Seperti diantaranya pola makan yang kurang baik, kurang berolahraga, ataupun faktor keturunan. Namun, beberapa penyakit diketahui dapat memengaruhi metabolisme tubuh kita yang dapat berdampak kepada meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Beberapa penyakit tersebut adalah:
1. Diabetes (produksi hormon insulin yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh)
2. Obesitas atau kelebihan berat badan
3. Penyakit ginjal
4. Cushing’ s syndrome (produksi hormon yang berlebihan)
5. Hypothyroidism (bentuk lain lagi dari ketidakseimbangan hormon)
6. Penyakit hati seperti cirrhosis dan
nonalcoholic steatohepatitis
7. Pecandu alkohol

Untuk melakukan perawatan terhadap penderita kolesterol tinggi, kita tidak bisa melihat pada faktor penyebab utamanya saja, tapi kita juga perlu memantau apakah ada kelainan metabolisme yang mungkin berhubungan.

Masalah kesehatan yang disebutkan di atas, erat kaitannya dengan proses metabolisme kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh. Bila memiliki salah satu dari kondisi tersebut, maka orang tersebut harus tahu bahwa dirinya berisiko tinggi untuk memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Dia perlu lebih berkomitmen terhadap pola makan dan kebiasaan berolahraga.

Selain itu, dia juga perlu melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin agar dapat terus memantau perkembangan kesehatannya. Bila perlu, dokter akan meresepkan obat penurun kolesterol untuk memberikan perlindungan yang lebih baik dari risiko penyakit jantung nantinya.


Everyday Health: Health Problems That Raise Cholesterol Levels
Pic: http:// ucce. ucdavis. edu


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama