Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 05 Juni 2013

Ini Dia Solusi Diare Akibat Penggunaan Antibiotik

probiotic
Diare merupakan efek samping yang umum terjadi pada penggunaan antibiotik. Antibiotik akan mengganggu populasi bakteri baik yang ada di dalam saluran pencernaan, sehingga menyebabkan bakteri jahat Clostridium difficile dapat melakukan aksinya.

Infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri C. difficile dapat mengakibatkan diare dan hilangnya cairan tubuh yang cukup parah. Kondisi infeksi ini diakibatkan oleh ketidak seimbangan populasi antara bakteri baik dan jahat yang ada di dalam saluran pencernaan.

Ilmuwan berhasil menemukan solusi untuk hal ini yaitu dengan menggunakan probiotik. Probiotik sendiri merupakan suplemen makanan yang mengandung organisme yang dapat menjaga keseimbangan populasi bakteri di dalam tubuh.

Dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan McMaster University diketahui bahwa probiotik aman dan efektif untuk mencegah diare akibat infeksi C. difficile, khususnya bagi pasien usia lanjut yang rentan untuk mengalami infeksi ini.

Namun, peneliti masih harus meneliti lebih lanjut lagi jenis probiotik apa dan berapa dosis yang paling pas untuk memperoleh hasil yang terbaik.


CBC News: Probiotics may ease antibiotic side-effects


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama