Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 24 Mei 2013

Menunda Menstruasi Dengan Pil KB, Amankah?

Mungkin di Indonesia belum banyak wanita yang menggunakan pil KB untuk menunda periode menstruasi. Di Amerika dilaporkan sekitar 17% wanita menggunakan obat kontrasepsi hormonal untuk menunda ataupun memperlambat datangnya periode menstruasi.


Banyak hal yang dikemukakan para wanita ini mengenai alasan mereka menunda datangnya periode menstruasi mereka. Diantaranya karena ingin merasa nyaman dan bisa menikmati liburan mereka dengan baik, sampai karena ingin menghindari gejala PMS.

Pertanyaannya, apakah hal ini aman?

Mary Jane Minkin, MD, clinical professor of obstetrics and gynecology di Yale University School of Medicine, mengatakan bahwa penggunaan pil KB untuk menunda menstruasi adalah aman untuk dilakukan.

Apabila Anda merupakan kandidat yang baik untuk menggunakan obat kontrasepsi, yaitu kondisi kesehatan baik, tidak memiliki hipertensi yang tidak terkontrol, maka Anda juga dapat menggunakan obat kontrasepsi untuk menunda periode menstruasi Anda.

Tertarik untuk mencoba? Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui lebih dulu:

Apabila Anda menggunakan pil.
Anda dapat melewatkan suatu minggu tanpa penggunaan pil, dan langsung mulai menggunakan dosis pil baru. Konsumsi pil KB ini secara rutin.

Apabila Anda menggunakan ring atau patch.
Lepas ring atau patch setelah digunakan selama 3 minggu, dan segera ganti dengan yang baru. Jangan sampai Anda melewatkan 1 minggu tanpa menggunakan ring atau patch.

Apabila Anda hanya menginginkan 4 periode menstruasi dalam setahun atau lebih jarang lagi.
Tidak ada jumlah pasti mengenai lamanya waktu Anda dapat menunda periode menstruasi. Namun, ada beberapa pil kontrasepsi baru (di Amerika) seperti Seasonique dan Seasonale yang secara khusus didesain untuk menunda periode menstruasi menjadi sekali per 3 bulan. Ada pula pilihan baru lain yaitu Lybrel yang dapat menunda periode menstruasi menjadi sekali dalam setahun.

Hanya perlu diingat, risiko efek samping perdarahan menstruasi yang berlebihan akibat penggunaan pil KB akan lebih besar. Memang risiko ini bukanlah masalah kesehatan, hanya saja menimbulkan ketidak nyamanan bagi wanita yang mengalaminya.

Apabila Anda berusia di atas 35 tahun, merokok, memiliki hipertensi yang tidak terkontrol.
Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan pil KB untuk menunda periode menstruasi. Faktor-faktor ini dapat meningkatkan risiko kesehatan seperti penggumpalan darah, stroke, ataupun serangan jantung.


Women's Health: Is It OK To Put Off Your Period?


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama