Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 30 Mei 2013

3 Cara Sehat Untuk Melampiaskan Kemarahan

Melampiaskan kemarahan tidak selamanya merupakan perilaku yang buruk. Bahkan sebuah penelitian di Jerman menyatakan bahwa dengan melampiaskan kemarahan, kita akan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit mematikan.

Menurut penelitian tersebut, memendam amarah akan meningkatkan produksi hormon stres yaitu kortisol yang akan meningkatkan risiko serangan jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi sampai 31%.

Deborah Cox, PhD., penulis The Anger Advantage, mengatakan bahwa ada cara yang lebih sehat untuk melampiaskan kemarahan yang dapat diterapkan oleh semua orang.

1. Gunakan kata-kata
Menerjemahkan rasa marah ke dalam suatu perkataan dan membagikannya kepada orang yang kita percaya merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita.

Anda juga dapat mengatakan kepada orang yang membuat Anda marah seperti ini, "Saya merasa marah ketika kamu menertawakan masalah yang saya alami sekarang," lalu pergilah dari situ.

2. Ubahlah dalam bentuk tulisan
Menulis catatan kecil merupakan cara yang bagus bagi suatu pasangan supaya pasangannya mengetahui rasa marah yang sedang dialami. Terutama bagi mereka yang tidak bisa mengungkapkan rasa marah lewat kata-kata tanpa melalui suatu pertengkaran.

Suatu penelitian juga mengatakan bahwa dengan kita menuangkan suatu kejadian yang memancing emosi ke dalam suatu tulisan maka kita akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dan mengurangi beban stres yang kita alami.

3. Pukul sesuatu, bukan seseorang
Memukul ataupun membentak bantal tidur Anda dapat membantu Anda untuk mengendalikan emosi daripada Anda melakukannya langsung kepada orang yang membuat Anda marah.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan berjalan kaki. Berjalan kaki rutin setiap hari terbukti dapat meredakan rasa marah dan menurunkan tekanan diastol Anda.


Prevention: 3 Healthy Ways To Express Anger



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. klo melampiaskanya ke apa sajah pasi akan menimbulkan resiko yang berat tapi klo melampiskan nya ke makanan pasti ga akan menimbulkan resiko aparun. jeheheheeeeeeeee

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama