Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 16 April 2013

Rangkaian Olahraga Yang Menunjang Aktivitas Sex Anda, Dan Satu Yang Membuatnya Lebih Buruk

yoga for sex healthMerasa kurang puas dengan aktivitas sex Anda, atau Anda merasa kurang bisa memuaskan pasangan? Salah satu penyebabnya mungkin adalah kurangnya kesadaran Anda untuk berolahraga.


Olahraga rutin merupakan salah satu aktivitas penting yang perlu Anda lakukan untuk menjaga agar aktivitas sex Anda tetap prima. Penelitian pun membuktikan bahwa olahraga rutin berperan penting untuk mencegah terjadinya disfungsi ereksi (erectile dysfunction).

Apa hubungan olahraga dan disfungsi ereksi? Jadi begini, penis membutuhkan suplai darah yang lancar agar tetap dapat ereksi dan mempertahankan ereksi dengan baik. Aktivitas fisik seperti berolahraga akan memperlambat peredaran darah, termasuk suplai darah ke penis.

Tidak hanya itu saja, olahraga juga akan membuat aktivitas sex lebih prima dengan cara meningkatkan stamina Anda, mengurangi stress, dan meningkatkan rasa percaya diri Anda yang ke semuanya itu akan menunjang aktivitas sex yang lebih baik lagi.

Berikut ini adalah rangkaian olahraga yang akan membuat aktivitas seksual Anda menjadi lebih baik lagi.

1. Aerobik
Aerobik yang artinya "dengan udara/oksigen" merupakan suatu aktivitas fisik yang berulang dan dilakukan terus-menerus yang akan meningkatkan denyut jantung dan memperlancar suplai darah dan oksigen ke seluruh otot tubuh.

Olahraga ini sangat menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah yang pada akhirnya akan mencegah terjadinya disfungsi ereksi. Hal ini pun telah dibuktikan oleh penelitian yang menemukan bahwa aerobik dapat menurunkan risiko gangguan ereksi sampai 40%.

Bagaimana memulainya? Mulailah dari aerobik klasik yang mudah, yaitu jalan cepat. Lakukan jalan cepat selama 30-60 menit sehari, 3-5 kali seminggu.

2. Renang
Salah satu bentuk aerobik terbaik adalah renang.

Renang yang dilakukan dengan total durasi 2,5 jam dalam seminggu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan aerobik yang Anda butuhkan untuk mengurangi risiko gangguan ereksi.

Keuntungan lain dari renang adalah olahraga ini cenderung disukai semua orang dan tidak cepat membuat lelah, sehingga orang dapat melakukan latihan ini lebih lama.

3. Yoga
Setelah aliran darah Anda lancar dengan dua olahraga tadi, kini saatnya Anda melakukan olahraga yang berhubungan dengan tubuh dan pikiran, yaitu yoga.

Stress dapat menurunkan aktivitas sex Anda dan berkontribusi terhadap terjadinya disfungsi ereksi.

Olahraga penghilang stress seperti yoga, yang meliputi aktivitas meditasi, stretching dan pernapasan yang terfokus, sangat tepat untuk mengurangi ketegangan yang ada di pikiran Anda.

Penelitian juga mengatakan bahwa yoga tidak hanya membuat tubuh Anda lebih fit, tapi juga akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

4. Kegel
Kegel merupakan latihan yang biasa dilakukan untuk mengencangkan otot vaginal. Namun, sebenarnya latihan ini juga bagus untuk membantu laki-laki yang memiliki masalah disfungsi ereksi.

Cara melakukan kegel adalah dengan mengencangkan otot dasar panggul Anda seperti ketika Anda sedang menahan buang air kecil. Jangan kencangkan otot lain seperti otot perut maupun otot bokong Anda. Tahan selama beberapa detik, dan lakukan 10-15 kali dalam satu sesi. Lakukan beberapa sesi dalam sehari.

Kelebihan olahraga ini adalah Anda dapat melakukannya kapan pun dan dimana pun, tanpa ada orang lain yang mengetahuinya.

5. Hati-hati dengan sepeda
Berbeda dengan aerobik lain yang bagus untuk meningkatkan aktivitas sex Anda, bersepeda mungkin malah bisa memperburuk keadaan.

Kursi sepeda yang sempit akan membuat beban tubuh Anda menekan bagian dari panggul yang menyuplai darah dan saraf ke penis Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bersepeda yang dilakukan lebih dari tiga jam dalam seminggu dapat meningkatkan risiko gangguan ereksi.

Solusinya? Jangan berhenti bersepeda karena dia juga baik untuk Anda, tapi gantilah kursi sepeda Anda dengan kursi sepeda yang lebih lebar yang akan mengurangi beban yang diterima oleh dasar penis.


Everyday Health: The Better-Sex Workout


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama