Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 26 April 2013

Jangan Langsung Potong Tali Pusat Bayi!

Salah satu prosedur yang dilakukan pada proses persalinan bayi adalah pemotongan tali pusat sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan. Kini berbagai fakta ilmiah menuntut hal yang sudah dijadikan standar prosedur selama puluhan tahun ini segera diubah. Kenapa?

Pemotongan tali pusat segera setelah bayi lahir ternyata akan menimbulkan risiko bayi kekurangan zat besi di kehidupan pertamanya. Standar prosedur yang sudah dilakukan selama puluhan tahun ini pun akan ditinjau ulang, para ahli dan pendukung hal ini mengatakan bahwa standar ini harus segera diubah.

Dengan membiarkan tali pusat bayi untuk tetap terhubung dengan bayi selama beberapa menit setelah sang bayi lahir, dapat membantu darah yang masih ada di tali pusat untuk tetap mengalir ke dalam tubuh bayi.

Badan National Institute for Health and Care Excellence (NICE) mengatakan bahwa, panduan baru ini rencananya akan segera dipublikasikan tahun depan, namun sekarang pun sudah ada beberapa rumah sakit yang mulai menerapkan standar baru ini kepada para pasiennya.

Sebuah karya tulis yang diterbitkan tahun 2009 di Royal College of Obstetricians and Gynaecologists (RCOG) mengatakan bahwa bayi yang tali pusatnya langsung dipotong setelah lahir akan memiliki persediaan zat besi yang lebih sedikit untuk 6 bulan kehidupan pertamanya. Persediaan zat besi yang kurang ini selanjutnya akan berpengaruh terhadap perkembangan otak yang kurang optimal.

Sehingga dianjurkan supaya tali pusat tidak langsung dipotong sampai dia berhenti berdenyut secara alami, yaitu sekitar 3 sampai 5 menit setelah bayi lahir. Penelitian juga membuktikan bahwa dengan menunda pemotongan tali pusat lebih dari 30 detik dapat menghindarkan bayi dari risiko anemia.

Walaupun begitu, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists juga mengatakan bahwa ada pula beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan pemotongan tali pusat bayi sesegera mungkin setelah dilahirkan.

Bagi Anda sendiri, apabila berminat mengikuti panduan baru ini ada baiknya untuk mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter Anda. Tentu dokter Anda akan mempertimbangkan berbagai faktor lain dan memberikan opsi terbaik untuk Anda.


BBC: Cutting cord early 'risk to babies'
Picture: acwf.net


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. ya, bahkan ada pula yang menganjurkan dibiarkan sampai lepas dengan sendirinya saja (sekitar 5 hr) dengan perawatan yang baik pula
    tp memang akhirnya kembali ke masing2, tidak boleh sekedar nafsu ingin, tetapi lihat sikon juga :)

    BalasHapus
  2. ooh bekitu

    makasih atas informasinya

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama