Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 06 April 2013

Cholrhexidine Sebagai Pencegah Dry Socket

Dry socket merupakan salah satu komplikasi post operative yang berpotensi terjadi setelah tindakan pencabutan gigi. Secara klinis, kondisi dry socket terdiagnosis dari adanya socket yang kosong akibat lepasnya blood clot secara prematur. Kondisi ini bermanifestasi sebagai rasa tidak nyaman bagi pasien, sampai timbulnya rasa nyeri yang tajam.

Menurut sebuah penelitian di Stomatology Unit, Doctor Peset University Hospital, Valencia, Spanyol, salah satu perawatan terbaik dari kondisi dry socket adalah dengan pemberian chlorhexidine sebagai bahan antiseptik untuk melawan bakteri yang ada di dalam rongga mulut.

Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa dosis pemberian terbaik untuk mencegah terjadinya dry socket adalah dengan pemberian chlorhexidine gel 0,2% yang diaplikasikan setiap 12 jam selama 7 hari setelah pencabutan gigi.

Selain menggunakan sedian dalam bentuk gel, dapat pula digunakan chlorhexidine dalam sedian obat kumur dengan konsentrasi 0,12%. Dosis pemberian yang sama juga berlaku untuk sediaan ini.


ADA Evidence-Based Dentistry: Chlorhexidine in the prevention of dry socket: effectiveness of different dosage forms and regimens.


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. Makasih informasinya, sangat bermanfaat buat saya sekeluarga.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama