Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 22 April 2013

7 Tips Mengendalikan Rasa Lapar

walking workout
Asupan makanan yang berlebihan dan kurangnya aktivitas fisik merupakan penyebab utama terjadinya obesitas. Bagi beberapa orang, mengendalikan nafsu makan merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips cara menekan nafsu makan Anda yang berlebihan.

1. Jangan melewatkan waktu makan utama.
Waktu makan utama yang harus Anda penuhi adalah 3 kali sehari ditambah dengan 1 kali waktu snack. Aturlah jeda antara 4 waktu makan itu supaya Anda jangan sampai melalui lebih dari 4 jam tanpa makan. Dengan begitu Anda akan dapat menjaga supaya kadar gula darah dan hormon Anda tetap dalam keadaaan stabil.

2. Banyak minum.
Apabila sebelum 4 jam Anda sudah merasa lapar, minumlah segelas besar air. Hal ini dapat membantu untuk menekan keinginan Anda untuk mengemil.

3. Cukup tidur.
Hormon leptin dan ghrelin merupakan hormon yang berperan untuk mengendalikan nafsu makan Anda. Dua hormon ini sangat dipengaruhi oleh banyaknya waktu tidur yang Anda penuhi. Dengan cukup tidur 8 jam tiap malamnya, hormon ini akan bekerja lebih baik sehingga nafsu makan Anda dapat lebih terkendali.

4. Periksa rasa lapar Anda.
Apabila Anda sudah merasa lapar sebelum masuk waktu makan utama, coba cek beberapa hal berikut. Apabila Anda terakhir makan kurang dari 3 atau 4 jam yang lalu, perut Anda tidak keroncongan, Anda juga tidak merasa lemah ataupun lelah, maka rasa lapar Anda itu kemungkinan besar adalah perasaan tidak puas secara emosional saja, bukan rasa lapar yang sebenarnya. Jadi, tetaplah tunggu sampai jam makan utama tiba.

5. Usahakan untuk selalu merasa positif.
Buatlah agar diri Anda merasa positif dan berharga, dengan begitu Anda akan lebih memilih kegiatan yang positif juga dan tidak merusak diri Anda sendiri.

6. Jangan panik.
Anda dapat dan akan bisa menurunkan berat badan Anda, bahkan walaupun Anda makan lebih banyak daripada jumlah asupan kalori yang diperbolehkan. Namun, memang apabila hal ini Anda lakukan maka Anda mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menurunkan berat badan. Berolahraga dengan lebih keras dan lebih sering lagi akan membantu membuang ekstra kalori yang berlebihan ini.

7. Jangan menyalahkan diri sendiri.
Terkadang kita melakukan kesalahan, tapi jangan lantas itu membuat kita menyerah. Lakukan koreksi dan tetap lanjutkan rencana Anda untuk memiliki hidup sehat, karena Anda pasti bisa melakukannya!


Everyday Health: 7 Tips for Controlling Your Appetite
Picture: Fitsugar


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. Begadang emang bikin gaining apettite....
    palagi sambil browsing ttg makanan...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama