Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 31 Maret 2013

Perbandingan Efektivitas Anti Inflamasi Pada Bedah Molar Ketiga

ibuprofen anti inflammation
Sebuah penelitian mencoba membandingkan efektivitas dua jenis obat anti inflamasi dan kombinasi antara keduanya dalam meredakan proses inflamasi pada tindakan pembedahan molar ketiga. Obat tersebut adalah ibuprofen dan dexamethasone. Manakah yang lebih baik?

Penelitian yang dilakukan oleh Mehr dan rekannya ini mencoba untuk mengetahui efek dari penggunaan obat anti inflamasi yang berbeda terhadap tingkat prostaglandin E2 (PGE2) pada urine dan saliva pada tindakan pembedahan molar ketiga.

80 orang pasien dibagi menjadi 4 kelompok: grup 1 diberikan placebo, grup 2 diberikan ibuprofen preoperatif dan dilanjutkan sampai seminggu, grup 3 diberikan dexamethasone intraoperatif, grup 4 diberikan ibuprofen preoperatif yang dilanjutkan sampai seminggu sebagai tambahan untuk dexamethasone intraoperative.

Hasilnya, pasien yang menerima ibuprofen memberikan hasil yang lebih baik secara signifikan pada kebanyakan parameter yang digunakan. Penggunaan dosis tunggal dexamethasone juga memiliki efek yang ampuh namun hanya bersifat sementara bila dibandingkan dengan penggunaan ibuprofen.

Pada grup 4, dimana pasien diberikan kombinasi ibuprofen dan dosis tunggal dexamethasone, juga tampak memberikan efektivitas anti inflamasi yang baik. Namun, hasil ini tidak memberikan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan penggunan ibuprofen saja.


International Journal of Oral & Maxillofacial Surgery: Efficacy of anti-inflammatory drugs in third molar surgery: a randomized clinical trial


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama