Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 02 Maret 2013

Mendengkur Bisa Menjadi Tanda Adanya Penyakit Berbahaya

snoringSelama ini, kebiasaan mendengkur ketika tidur hanya dianggap sebagai gangguan biasa yang terjadi sehari-hari. Padahal, kebiasaan mendengkur ketika tidur bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Apa itu?


Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kebiasaan mendengkur dapat menjadi tanda adanya risiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Kebiasaan mendengkur dihubungkan dengan adanya penebalan dinding dalam dari pembuluh arteri karotid.

Penebalan dinding arteri merupakan tanda awal dari penyakit arteri karotid, yaitu penyempitan atau penyumbatan arteri yang akan meningkatkan risiko stroke.

Malahan, peneliti juga menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan mendengkur cenderung lebih mudah untuk mengalami penebalan arteri dibandingkan orang lain yang memiliki faktor risiko penyakit jantung seperti perokok, orang dengan kelebihan berat badan, dan mereka yang memiliki hipertensi dan kolesterol tinggi.

Penelitian yang dilakukan di Detroit’s Henry Ford Hospital ini merupakan salah satu penelitian yang memperlihatkan bukti adanya peningkatan risiko kesehatan kardiovaskular dari kebiasaan mendengkur.

Lalu bagaimana cara mengurangi atau menghilangkan kebiasaan mendengkur ini? Berikut caranya:

1. Jaga berat badan ideal, dengan olahraga dan diet sehat.
2. Kurangi konsumsi minuman beralkohol, dan hindari konsumsi alkohol 3 jam sebelum tidur.
3. Berhenti merokok.
4. Konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan semacam alat seperti mouth guard dan dental device untuk menjaga saluran napas agar tetap terbuka.

Jadi, jangan anggap karena mendengkur itu hal biasa lantas Anda menganggapnya tidak berbahaya. Lindungi kesehatan Anda dan atasi kebiasaan mendengkur dengan serius.


WebMD: Snoring May Be a Warning Sign of a Serious Health Risk
Picture:ultimatestopsnoringsolution.com



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. oh begitu yah, aku juga suka mendengkur, kalau sudah tahu begini akan saya jaga kesehatanku ini. terimakasih atas informasinya mas sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama