Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 21 Maret 2013

6 Macam Rasa Nyeri Yang Patut Anda Waspadai

chest painRasa nyeri sebenarnya adalah ungkapan tubuh kita kalau ada sesuatu yang tidak beres mengganggunya. Gangguan ini bisa merupakan suatu hal yang serius, namun dapat pula hanyalah sebuah masalah kecil yang akan teratasi dengan sendirinya. Berikut ini adalah beberapa jenis rasa nyeri yang dapat berarti adanya suatu masalah serius yang perlu ditangani sedini mungkin.



1. Nyeri Dada
Dari berbagai jenis rasa nyeri yang dapat timbul pada bagian tubuh kita, nyeri pada dada adalah rasa nyeri yang paling ditakuti.

Gejala nyeri pada dada membutuhkan perhatian sesegera mungkin apabila disertai rasa berat yang menekan dada Anda, rasa nyeri menyebar sampai ke daerah rahang ataupun tangan, sesak napas, dan perasaan suram yang berlebihan.


2. Masalah Pencernaan
Rasa nyeri saluran cerna yang patut diwaspadai adalah rasa nyeri perut yang parah. Rasa nyeri yang sangat pada daerah perut seringkali menandakan adanya masalah serius seperti usus buntu, penyakit kantung empedu, peradangan pankreas, dan sebagainya.

Rasa nyeri perut akut biasanya membutuhkan perawatan cepat di unit gawat darurat ataupun di klinik dokter.


3. Nyeri Ketika Buang Air Kecil
Apabila Anda merasakan nyeri ketika buang air kecil, maka Anda harus menghubungi dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan.

Apabila disertai adanya darah pada urin, demam, rasa sakit pada punggung, maka Anda harus mendapatkan pemeriksaan dokter sesegera mungkin.

Kondisi ini biasanya berhubungan dengan adanya infeksi pada saluran kemih. Namun dapat pula disebabkan oleh adanya batu ginjal.


4. Nyeri Punggung
Rasa nyeri ini agak sulit dibedakan antara masalah kesehatan yang serius dan yang tidak karena umum terjadi pada banyak orang.

Dianjurkan bila tingkat nyeri punggung antara sedang sampai berat, ataupun berlangsung selama dua minggu atau lebih, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.

Apalagi bila rasa nyeri punggung tersebut disertai pula dengan adanya gejala kaki yang terasa kebas atau lemah. Pada kasus nyeri punggung yang disertai disfungsi usus ataupun kandung kemih, maka Anda harus mendapatkan perawatan medis sesegera mungkin.


5. Nyeri Kepala Yang Parah
Rasa nyeri pada kepala juga merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami orang. Namun, ketika rasa nyeri tersebut terasa sangat parah maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis.

Nyeri kepala yang terjadi cukup sering, terasa semakin bertambah parah, dan tidak berhubungan dengan aktivitas, perlu mendapatkan perhatian dari dokter. Anda perlu memastikan bahwa rasa nyeri ini bukanlah sebuah tumor ataupun perdarahan otak.


6. Nyeri Kaki
Ketika rasa nyeri kaki terjadi tiba-tiba dan cukup parah, Anda bisa jadi mengalami masalah kesehatan yang serius.

Yang paling sering ditakutkan adalah kemungkinan adanya sumbatan pembuluh darah. Hal ini bisa menjadi sumber prediksi adanya penyakit sistem kardiovaskuler untuk ke depannya.

Bila rasa nyeri pada kaki terasa semakin parah bahkan sampai memengaruhi pergerakan kaki,maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter Anda.


Everyday Health: 6 Types of Pain You Shouldn't Ignore



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama