Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 03 Januari 2013

Kombinasi Parasetamol Dengan Ibuprofen, Lebih Efektifkah?

Sebuah peneltian mencoba mengetahui efektivitas penambahan parasetamol ke dalam ibuprofen pada pasien dengan symptomatic necrotic teeth. Pasien dengan symptomatic necrotic teeth yang disertai dengan nyeri moderate sampai severe pada saat dilakukan perawatan endodontik secara acak diberikan salah satu dari 80 kapsul 150 mg ibuprofen atau 80 kapsul 150 mg ibuprofen/250 mg parasetamol

Dalam penelitian yang diterbitkan di Evidence-Based Dentistry 13, 105 (2012) ini, masing-masing pasien diminta untuk mengkonsumsi obatnya setiap 6 jam sekali. Escape medication
(hydrocodone/parasetamol) juga tersedia, dan digunakan apabila pasien mengalami gejala seperti pembengkakan atau demam yang signifikan.

Nyeri preoperative dicatat menggunakan visual analogue scale (VAS). Pasien juga memperoleh catatan harian yang harus diisi selama 6 hari untuk merekam kondisi nyeri, gejala yang ada, serta jumlah obat yang diminum.

Ternyata hasilnya tidak memperlihatkan perbedaan yang signifikan antara kelompok pengguna ibuprofen dengan kelompok pengguna kombinasi ibuprofen dan parasetamol. Selama penggunaan obat, masing-masing kelompok sama-sama mengalami penurunan tingkat nyeri dengan hasil yang tidak jauh berbeda.

Dapat disimpulkan bahwa penambahan parasetamol ke dalam ibuprofen tidak akan menghasilkan efek analgesi yang lebih baik dalam mengatasi rasa nyeri gigi yang nekrosis pada saat perawatan endodontik. Karena penggunaan ibuprofen secara tunggal efeknya pun hampir sama dengan kombinasi ibuprofen dan parasetamol.


Evidence-Based Dentistry: Will adding acetaminophen (paracetamol) to ibuprofen be more effective in relieving postoperative pain on symptomatic necrotic teeth?

Picture: bene-arzneimittel.de


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama