Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 22 Desember 2012

Pulpotomi Gigi Sulung: GMTA Vs. Formokresol

primary molar teeth caries
Ada berbagai alternatif pilihan bahan yang dapat digunakan dalam perawatan pulpotomi gigi sulung, diantaranya gray mineral trioxide aggregate (GMTA) dan formokresol. Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui hasil perawatan dari dua jenis bahan tersebut.

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Pediatric Dentistry ini mencoba membandingkan hasil observasi selama 2 tahun dari perawatan pulpotomi menggunakan bahan medikamen GMTA dan formokresol yang dilakukan terhadap gigi molar sulung.

Setelah dilakukan perawatan standar pulpotomi, sisa jaringan pulpa dari 252 gigi molar sulung yang terdapat di saluran akarnya ditutupi dengan bahan medikamen. Sebagian menggunakan GMTA dan sebagian lagi menggunakan formokresol, hal ini dilakukan secara acak. Selanjutnya, kamar pulpa diisi dengan Intermediate Restorative Material (IRM) dan gigi direstorasi menggunakan stainless steel crown.

Dalam kurun waktu 6 sampai 24 bulan, kondisi klinis dan radiografis dari semua gigi dievaluasi. Hasilnya, keadaan klinis dari semua gigi baik yang menggunakan bahan GMTA dan formokresol tidak ditemukan adanya perbedaan.

Perbedaan baru ditemukan pada hasil pemeriksaan radiografisnya. Pembentukan jembatan dentin pada grup GMTA memiliki frekuensi yang lebih tinggi secara signifikan. Sedangkan dari proses resorpsi akar internal, frekuensinya lebih tinggi pada grup formokresol.

Bisa disimpulkan dari hasil penelitian tersebut bahwa untuk perawatan pulpotomi gigi sulung, bahan GMTA memberikan keberhasilan perawatan yang lebih baik secara signifikan dari segi radiografisnya dibandingkan dengan penggunaan bahan formokresol.


Journal of Pediatric Dentistry: Comparison of Gray Mineral Trioxide Aggregate and Diluted Formocresol in Pulpotomized Primary Molars: A 6- to 24-month Observation
Pic: exchange2.dent.med.uni-muenchen.de


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama