Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 05 Desember 2012

Ingin Terhindar Dari Flu? Jauhkan Tangan Dari Wajah Anda

flu colds
Jangan pernah bilang, "Gara-gara si A nih saya jadi ikut ketularan pilek!" Yang lebih patut disalahkan adalah tangan Anda yang nakal.

Setiap hari tangan kita menyentuh berbagai macam benda yang ada di sekitar kita. Pegangan tangga, gagang pintu kantor, tombol lift, meja di kantin, atau sekadar berjabat tangan dengan sahabat dan relasi. Tentu saja kita tidak tahu benda mana saja yang mengandung kuman penyakit.

Sebenarnya, ketika kuman penyakit ini sampai di tangan kita dia tidak terlalu berbahaya. Karena kulit kita merupakan pelindung tubuh yang hebat dari infeksi seperti itu. Kuman penyakit ini akan mudah masuk ke dalam tubuh ketika kita memindahkannya ke permukaan tubuh yang rentan terhadap infeksi, yaitu permukaan mukosa.

Permukaan mukosa lebih mudah dimasuki kuman karena permukaannya yang lebih tipis dan lebih "berpori" dibandingkan dengan permukaan kulit lainnya. Permukaan ini terdapat pada mata, lubang hidung, dan mulut. Jadi apabila di tangan kita terdapat kuman penyakit seperti flu, maka kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh ketika tangan kita sedang mengucek mata, membersihkan hidung, atau bahkan ketika kita makan menggunakan tangan.

Mencuci tangan ataupun membersihkan tangan menggunakan gel alkohol dapat membantu menghilangkan kuman dari tangan kita. Oleh sebab itulah para ahli kesehatan selalu menganjurkan kita untuk rajin membersihkan tangan, terutama ketika musim penyakit flu tiba.

Namun, peneliti mengingatkan bahwa mencuci tangan saja bukankah metode pencegahan yang paling efektif. Yang harus dilakukan adalah sebisa mungkin menjauhkan tangan kita dari wajah.
Menurut penelitian yang sudah mereka lakukan, orang-orang ternyata lebih sering tangannya dihinggapi kuman karena menyentuh benda-benda yang ada di sekitarnya daripada membersihkan tangannya.

Kita tidak tahu kapan kuman penyakit menempel lagi pada tangan kita setelah kita membersihkan tangan. Dan tanpa sadar, kita telah memindahkan kuman ketika tangan kita menyentuh area wajah yang pada area tersebut terdapat permukaan mukosa yang sangat rentan untuk dimasuki kuman penyakit.

Memang terkadang kita juga tidak dapat menghindari tangan kita untuk menyentuh area wajah. Untuk itu, cara yang paling praktis adalah dengan selalu menyediakan gel pembersih tangan agar kita dapat dengan mudah dan cepat menghilangkan kuman dari tangan kita sebelum menyentuh area wajah.

Namun yang terpenting dan justru harus ditekankan adalah, kita juga harus mengurangi kebiasaan menyentuh area wajah kita terutama bagian mukosa seperti mata, hidung, dan mulut.

Dan menurut kami, kampanye mencuci tangan sesering mungkin agar terhindar dari infeksi flu bukanlah hal yang tepat. Mungkin ada baiknya bila kampanye tersebut diubah supaya mengajak kita berusaha menjauhi tangan kita dari wajah, dan selalu membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh daerah wajah. Cara ini lebih efektif dan efisien daripada mencuci tangan sesering mungkin.


The Globe and Mail: Want To Avoid Colds? Keep Your Hand Away From Your Face
Picture: ci.berkeley.ca.us


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama