Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 17 Desember 2012

Bahan Bleaching Dengan Kalsium, Seberapa Efektif Dapat Memutihkan Dan Mencegah Gigi Sensitif?

bleaching
Di pasaran banyak terdapat berbagai produk in office bleaching dengan berbagai keunggulan masing-masing. Salah satunya adalah produk in office bleaching yang mengandung kalsium yang diklaim dapat mengurangi efek sensitivitas gigi selama perawatan. Tentu klaim tersebut perlu dibuktikan secara ilmiah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of the American Dental Association vol. 143 no. 12 yang diterbitkan pada 1 Desember 2012, mencoba menguji efektivitas bahan in office bleaching yang mengandung kalsium dalam memperbaiki warna gigi dan mencegah efek sensitivitas gigi selama perawatan.

Peneliti membandingkan daya kerja bahan bleaching hydrogen peroxide gel 35% yang mengandung kalsium dan tidak mengandung kalsium pada 40 orang partisipan berusia di atas 18 tahun dengan gigi bebas karies. Prosedur bleaching dilakukan sebanyak dua kali dengan jeda selama satu minggu antar prosedur.

Hasilnya, kedua bahan bleaching tersebut memperlihatkan efek perbaikan warna gigi yang signifikan dan dengan hasil yang setara satu sama lain dengan rata-rata perubahan antara 7-8 shade guide unit. Namun, 80% partisipan yang menggunakan bahan bleaching tanpa kalsium mengalami efek gigi sensitif selama prosedur bleaching berlangsung. Sedangkan pada partisipan yang menggunakan bahan bleaching yang mengandung kalsium hanya sekitar 40%-nya saja yang mengalami efek samping ini. Selain itu, intensitas sensitivitas gigi juga lebih tinggi pada partisipan yang menggunakan bahan bleaching tanpa kandungan kalsium.

Dengan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bahan bleaching yang mengandung kalsium cukup efektif dalam mengurangi efek samping gigi sensitif yang biasa terjadi selama perawatan bleaching dan memiliki kemampuan yang sama dengan bahan bleaching tanpa kalsium dalam memperbaiki warna gigi.


JADA: Tooth sensitivity and bleaching effectiveness associated with use of a calcium-containing in-office bleaching gel.

Picture: drheller.ch


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama