Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 18 November 2012

Olahraga Lebih Jadi Semangat Dengan Warna Hijau

green park
Pic: victorianweb.org
Olahraga di luar ruangan dengan pemandangan hijau dapat memberikan manfaat psikologis lebih banyak daripada melakukannya di dalam ruangan seperti tempat fitnes. Namun, menurut penelitian terbaru efek ini ternyata lebih dipengaruhi oleh warna hijau yang dilihat oleh mata, dan bukannya oleh lingkungan alam tempat berolahraga.

Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang menunjukkan bahwa warna hijau memiliki kontribusi terhadap meningkatnya mood, rasa percaya diri, motivasi, dan perasaan bahagia, efek yang sama seperti yang diberikan ketika melakukan olahraga di luar ruangan.

Peneliti di University of Essex di Inggris meminta 14 mahasiswa laki-laki untuk mengendarai sepeda statis selama 5 menit sambil menonton video yang menampilkan lingkungan alam. Peneliti lalu mengubah filter video tersebut dari hijau menjadi hitam putih selama 5 menit, lalu menjadi merah dalam durasi yang sama pula. Selanjutnya peneliti langsung mengukur mood peserta setiap menyelesaikan masing-masing sesi.

Para peserta ini merasakan lebih sedikit lelah dan lebih sedikit gangguan mood ketika mereka menyaksikan versi hijau dari video tersebut dibandingkan ketika mereka menyaksikan versi hitam putih dan versi merahnya. Bahkan mereka merasa lebih marah ketika menyaksikan video dengan filter merah.

Warna dengan panjang gelombang pendek, seperti biru dan hijau, dapat menimbulkan perasaan tenang. Sedangkan warna merah dan kuning lebih menimbulkan stimulasi. Tanaman hijau subur sudah menjadi isyarat bagi nenek moyang manusia akan adanya makanan yang berlimpah dan air di sekitarnya. Mungkin, perasaan positif inilah yang selanjutnya tertanam di dalam otak setiap manusia.

Dari sini peneliti menyimpulkan bahwa memang lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mood seseorang, khususnya ketika berolahraga. Di mana, dengan siapa, dan bahkan daya tarik orang di sekitar Anda dapat memengaruhi mood Anda berolahraga.


Today Health: Seeing green might make your workout better



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama