Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 27 September 2012

Virus Seperti SARS Dari Timur Tengah, Bagaimana Nasib Jamaah Haji?

ibadah haji
hminews
Kementerian Kesehatan Arab Saudi hari Rabu kemarin mengatakan bahwa kini mereka telah bersiap-siap melakukan upaya pengamanan kesehatan bagi jamaah haji setelah baru-baru ini seorang warga Qatar terinfeksi virus yang dikatakan masih merupakan kerabat SARS.

Organisasi kesehatan dunia, WHO, hari Minggu kemarin telah mengeluarkan peringatan global tentang adanya virus baru yang telah menginfeksi seorang pria 49 tahun berkebangsaan Qatar yang baru saja berpergian ke Arab Saudi. Virus yang serupa baru-baru ini juga telah menyebabkan meninggalnya seseorang.

Britain's Health Protection Agency dan ahli penyakit pernapasan mengatakan bahwa saat ini belum diperlukan adanya suatu kekhawatiran khusus terhadap virus ini. Walaupun begitu, pihak berwenang tetap akan melakukan pengawasan terhadap adanya kemungkinan penyebaran virus.

Umat muslim dari sekitar 160 negara akan berkumpul di kota Mekkah dan Madinah untuk melakukan ibadah haji tahunan dan ziarah pada akhir Oktober nanti. Untuk itu, kementrian kesehatan Arab Saudi telah menyiapkan berbagai tindakan preventif terhadap masuknya 2 juta lebih peziarah dari berbagai negara tersebut.

Upaya yang mereka lakukan antara lain dengan mengawasi setiap jamaah yang masuk ke negaranya, baik melalui jalan darat, laut, maupun udara, dan mengambil sampel bila terdapat jamaah dengan gejala kesehatan tertentu. Selain itu, pengawasan juga akan dilakukan pada tempat-tempat suci dan rumah sakit. Tenaga kesehatan pun juga telah ditambah. Namun, mereka tidak akan memasang kamera termal seperti yang mereka lakukan pada tahun 2009 ketika virus H1N1 sedang mewabah karena hal tersebut dinilai belum diperlukan untuk kondisi sekarang.


Reuters: Saudi Arabia adopts measures to limit virus infection during Haj



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama