Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 09 September 2012

Menjadi Lebih Rileks Dengan Mengkontraksikan Otot Ini

cat smile
Sebuah penelitian dari University of Kansas menemukan bahwa dengan mengkontraksikan otot wajah dapat membuat seseorang merasa lebih tenang. Bagaimana caranya?

Para peneliti dari University of Kansas melakukan uji coba pada mahasiswanya dengan meminta mereka untuk memegang sumpit dengan mulutnya untuk menstimulasi terbentuknya senyuman ataupun ekspresi wajah yang netral, lalu mereka akan diberikan situasi yang membuat stres. Hasilnya, senyuman yang terbentuk ternyata dapat menurunkan denyut jantung yang berdebar dan mengurangi respon stres mereka bila dibandingkan dengan mahasiswa dengan ekspresi wajah yang datar.

Para peneliti percaya, dengan mengkontraksikan otot wajah yang membentuk senyuman maka otak akan menerima sinyal yang menyatakan "Anda bahagia, jadi tenanglah."

Ketua penelitian, Sarah Pressman, Ph.D., seorang assistant professor di University of Kansas, menjelaskan bahwa tidak hanya otak yang merasa bahagia yang dapat membuat Anda tersenyum. Hal sebaliknya juga berlaku, senyum yang Anda buat juga dapat membuat otak Anda merasa bahagia. Dengan Anda merasa bahagia, maka akan menerima situasi stres dengan cara yang berbeda, dan akan merasa lebih aman. Sehingga denyut jantung Anda akan berdetak lebih tenang.

Peneliti menambahkan, pada penelitian ini mahasiswa yang menjadi naracoba kebanyakan sedang dalam mood yang tidak bagus. Namun, senyuman palsu yang mereka hasilkan tetap memberikan efek positif yaitu rasa tenang ketika diberikan situasi yang menambah stres. Jadi, tetaplah usahakan untuk tersenyum apa pun perasaan Anda. : )


MSNBC: Smiling may lower your heart rate



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama