Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 15 September 2012

Jawaban Konsultasi Kesehatan 15 Spetember 2012

Pertanyaan:

Apakah bagus jikalau Remaja se-usia saya melakukan pembentukan otot...?
Dan bagaimana caranya...

Ei Salman, 15 Tahun, Tasikmalaya.


Jawaban:


Olah raga angkat beban sudah dapat dimulai dari usia muda, bahkan sebelum memasuki masa pubertas. Pada jurnal American Journal of Sports & Medicine, terdapat sebuah penelitian yang meneliti pengaruh olah raga angkat beban pada anak-anak usia 8 tahun. Dan ternyata hasilnya tidak ada efek cedera apa pun, dan tidak ada gangguan pada perkembangan maupun pertumbuhan anak maupun fungsi organ vital tubuh. Justru dengan rutin berolah raga akan menjaga kesehatan, daya tahan tubuh, stamina, dan bentuk tubuh ideal. Tentunya latihan mereka mendapat pengawasan para ahli.

Bagaimana caranya? Pertanyaan ini membutuhkan penjelasan yang agak panjang. Mungkin Adik Salman bisa berkonsultasi langsung dengan pelatih di tempat kebugaran atau mencari pada sumber-sumber terpercaya seperti buku maupun situs kebugaran di internet. Namun, kami akan coba memberikan tips aman olah raga beban bagi remaja:

1. Sebelum melakukan olah raga beban, harus punya program yang tepat. Program latihan yang salah maupun asal-asalan malah bisa mebuat jaringan otot tidak berkembang, bahkan bisa cedera. Cari sumber yang tepat mengenai program latihan ini, seperti kepada pelatih, buku, dan sebagainya.

2. Lakukan pemanasan dan pendinginan yang cukup ketika latihan.

3. Sangat dianjurkan untuk berolah raga dengan didampingi pelatih yang berpengalaman yang akan mengawasi kegiatan dan memberikan masukan yang tepat, serta memberikan bantuan apabila terjadi cedera.

4. Minum air yang cukup, walaupun tidak merasa haus. Terutama bila berolah raga di luar ruangan.

5. Jangan memaksakan diri mengangkat beban yang berat. Angkatlah beban sesuai kemampuan.

6. Istirahat yang cukup, serta penuhi asupan makanan yang tinggi protein, cukup karbohidrat, rendah lemak, serta vitamin dan mineral dari sayur, buah, dan susu untuk pemulihan jaringan otot.


Catatan: Pertanyaan yang tidak kami tampilkan di sini, akan kami jawab langsung melalui email.


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama