Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 04 September 2012

4 Resep Alami Untuk Otot Pegal

cherry fruit

Rasa pegal atau nyeri pada otot merupakan pertanda dari tubuh yang menyatakan bahwa dia mengalami kelelahan. Nyeri otot tidak hanya disebabkan oleh aktivitas fisik berat. Duduk terlalu lama, memakai sepatu hak tinggi, dan situasi lain yang membuat otot tegang dalam waktu yang lama juga dapat mengakibatkan otot nyeri.

Berikut ini adalah cara alami untuk meredakan rasa nyeri atau pegal pada otot:

1. Jus cherry.
Penelitian menyatakan bahwa minuman yang kaya antioksidan ini dapat mempercepat pemulihan otot setelah aktivitas fisik yang berat.
Resepnya: konsumsi cherry concentrate ini kira-kira sekitar 30 ml sebelum Anda berolah raga.

2. Probiotik.
Ada dua spesies bakteri baik, yaitu Lactobacillus rhamnosus dan Lactobacillus paracasei, yang menurut penelitian dapat menurunkan kerusakan otot setelah latihan intens rutin selama sebulan.
Resepnya: 1 kapsul yang mengandung 1 milyar sampai 10 milyar sel, satu kali sehari.

3. Lemon verbena.
Ekstrak dari bunga kecil beraroma lemon ini dapat mengurangi kerusakan otot dan sel darah pada naracoba yang diminta untuk berlari selama 90 menit. Walaupun begitu, manfaat pembentukkan jaringan yang diperoleh dari latihan tersebut tetap bisa didapat.
Resepnya: 1 gram suplemen tiap hari. (Namun masih belum jelas apakah ekstrak yang ditambahkan pada minuman teh atau formula lain dapat memberikan manfaat yang sama).

4. Asam lemak omega 3.
Menurut penelitian di Clinical Journal of Sports Medicine, satu kapsul omega 3 sekali sehari dapat mengurangi rasa nyeri dan meredakan peradangan 48 jam setelah olah raga berat.
Resepnya: 1 kapsul 1,8 gram (berbeda-beda pada tiap produk).


Women's Health Mag: 4 Natural Remedies for Muscle Soreness



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama