Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 27 Agustus 2012

Suara Yang Dapat Membantu Anda Tidur Nyenyak

Sebenarnya tidak ada resep ajaib agar dapat bisa tidur dengan nyenyak. Namun, para peneliti mengatakan bahwa ada suara-suara tertentu yang mungkin dapat dapat membantu mereka yang sulit tidur untuk bisa memejamkan mata dan berangkat ke pulau impian.

Aktivitas tidur merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Selain memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat, tidur juga dapat membuat otak lebih tajam berpikir, dan bahkan dapat meningkatkan daya ingat.

Namun, tidak semua orang dapat tidur dengan mudah. Salah satu tips untuk dapat tidur dengan nyenyak adalah mendengar suara atau bunyi-bunyian tertentu yang dapat membuat kita terlelap. Ilmuwan saraf, Hawley Montgomery-Downs dari West Virginia University, merekomendasikan untuk mencoba mendengarkan suara tertentu selama beberapa malam sebagai pengantar tidur. Suara-suara tersebut diantaranya:

1. White noise.
White noise adalah bunyi-bunyian tertentu yang dapat menetralisir kebisingan yang ada di lingkungan. Montgomery-Downs menyarankan agar white noise ini tidak diperdengarkan dengan menggunakan earphone, melainkan dengan speaker eksternal karena dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Atau dapat pula dengan mendengarkan white noise yang berasal dari mesin seperti suara kipas angin, pendingin udara, dan sebagainya.

2. Suara alam.
Suara debur ombak, binatang di hutan hujan, suara hujan ataupun aliran sungai dapat pula membantu Anda untuk dapat tidur dengan nyenyak. Suara alam jarang sekali bisa membuat orang terganggu karena mereka biasanya memiliki fluktuasi pada amplitudo dan frekuensi suaranya. Namun, bagi mereka yang suka memperdengarkan suara air seperti hujan dan laut, pastikan ada toilet di dekat mereka tidur. Orfeu Buxton, ilmuwan saraf pada Sleep Division di Harvard Medical School, mengatakan bahwa suara-suara air tersebut dapat memicu seseorang untuk menggunakan toilet.

3. Musik.
Ketika di kepala kita banyak pikiran yang membuat kita terjaga dan sulit tidur, musik dapat membantu kita untuk rileks. Namun, hindari musik yang memiliki lirik lagu yang membuat pikiran kita tetap aktif. Pilihlah musik seperti musik klasik, etnik, atau musik dengan tempo lambat.

4. Suara orang lain.
Terkadang ada pula beberapa orang yang bisa rileks dengan mendengarkan suara orang lain. Misalnya seperti suara orang yang sedang mendongeng untuk anaknya. Saat ini ada aplikasi komputer dan handphone yang dapat memperdengarkan suara orang yang menenangkan, seperti aplikasi pzizz. Apabila berminat, Anda dapat membelinya atau mungkin cukup dengan merekam suara dari keluarga atau teman Anda yang dapat menenangkan. Anda dapat mendengar sampel suara dari aplikasi pzizz di halaman ini: http://www.sleepwarrior.com/pzizz

5. Tanpa suara.
Tidak semua orang cocok dengan bunyi-bunyian sebagai pengantar tidur. Sebagian membutuhkan suasana yang benar-benar hening agar dapat terlelap. Bagi beberapa orang, keheningan tidak akan memberikan stres maupun emosi negatif.


Health: How Certain Sounds Help Us Sleep



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama