Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 28 Agustus 2012

Penting: Apabila Anak Menelan Mainan Bermagnet

Tidak semua mainan dapat dimainkan oleh anak-anak. Beberapa jenis mainan memerlukan persyaratan usia tertentu agar aman dimainkan. Mainan anak-anak yang mengandung magnet memerlukan perhatian khusus, karena fatal akibatnya apabila tertelan oleh anak.

Apabila ada lebih dari satu magnet tertelan ke dalam tubuh, magnet tersebut dapat saling tarik-menarik dan menimbulkan kemungkinan terjepitnya jaringan yang ada di dalam tubuh.

Jaringan yang terjepit di antara magnet dapat menimbulkan kondisi seperti berikut:
1. Terbentuknya lubang pada jaringan esofagus, lambung, maupun usus.
2. Infeksi.
3. Fistula.
4. Sumbatan usus.
5. Kematian jaringan.
6. Kematian dari penderita.

Tips bagi orang tua dan pengasuh yang di rumahnya terdapat mainan bermagnet:
1. Apabila Anda memiliki anak di rumah, dan punya benda magnet yang tidak terpakai, lebih baik dibuang.
2. Apabila magnet tersebut masih terpakai, simpanlah magnet pada tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak. Misalnya lemari yang terkunci.
3. Pastikan keluarga Anda yang lain juga berhati-hati dalam meletakkan magnet, dan jangan pernah perkenalkan anak-anak dengan magnet karena akan membuat anak semakin penasaran.
4. Untuk anak yang lebih besar, ajarkan agar mereka berhati-hati menggunakan magnet dan bahayanya apabila tertelan.
5. Katakan kepada anak untuk segera memberitahu Anda apabila mereka atau anak lain tidak sengaja menelan magnet.
6. Apabila ada magnet yang pecah, pastikan semua fragmennya dapat ditemukan. Dapat pula dengan menggunakan magnet lain untuk menyisir daerah yang diduga terdapat kepingan magnet.
7. Apabila ada magnet yang hilang dan Anda tidak menemukannya, bisa jadi magnet telah tertelan oleh anak. Sebaiknya segera memeriksakan anak ke rumah sakit karena terkadang gejala magnet tertelan tidak langsung muncul.

Yang harus dilakukan ketika Anda menduga anak Anda menelan magnet:
1. Segera bawa ke bagian gawat darurat rumah sakit untuk diperiksa, walaupun gejala seperti sakit perut belum muncul.
2. Jangan pernah berpikir magnet dapat langsung keluar begitu saja dari saluran pencernaan. Apabila 2 buah magnet bertemu di dalam tubuh, dia cenderung akan menetap dan tidak keluar dari tubuh.
3. Apabila dokter hanya menemukan 1 buah magnet melalui foto roentgen yang dilakukan dua arah, maka anak Anda dapat segera pulang. Karena satu buah magnet dapat keluar melalui saluran pencernaan.


ABC News: What To Do if Your Child Swallows a Magnet


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama