Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 06 Agustus 2012

Mengetahui Orientasi Seksual Dari Pupil Mata

sexual orientation
Diketahui dari sebuah penelitian terbaru bahwa reaksi pupil mata ternyata bisa menjadi acuan yang efektif untuk mengetahui orientasi seksual seseorang.

Reaksi yang terlihat pada pupil ketika seseorang melihat orang lain, dapat menjadi pedoman untuk mengetahui orientasi seksual seseorang. Sebagai contoh, ketika seorang pria heteroseksual melihat seorang wanita, maka akan terjadi reaksi pada pupilnya. Sedangkan pada pria homoseksual reaksi akan terjadi ketika dia melihat pria lain.

Sementara itu, untuk kaum wanita homoseksual reaksi pupil akan terjadi ketika dia melihat wanita lain. Namun, bagi wanita heteroseksual reaksi pupil terjadi baik ketika dia melihat seorang pria maupun wanita lain, walaupun mereka memang cenderung untuk memilih melihat pria.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, di mana pupil seseorang akan berdilatasi atau melebar ketika dia sedang melihat seseorang yang atraktif atau menarik. Pupil bereaksi dengan sangat cepat tanpa kita sadari dan tidak dapat kita kendalikan.

Yang menarik dari penelitian ini adalah reaksi pupil dari wanita heteroseksual yang terjadi ketika dia melihat pria maupun wanita lain, padahal dia sama sekali bukan biseksual. Sandra Witelson, profesor psikiatri di Michael G. DeGroote School of Medicine, McMaster University mengatakan bahwa, komposisi otak wanita heteroseksual agak berbeda dengan laki-laki heteroseksual. Mereka tidak hanya memberikan respon yang kuat pada lawan jenisnya saja, tetapi juga pada sesama jenisnya.

Komposisi otak yang dimiliki wanita ini sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan diri terhadap suatu kondisi hubungan seksual paksa. Apabila terjadi simulasi seksual dalam bentuk apa pun, wanita menjadi dapat lebih mudah terangsang sehingga dihasilkan cairan lubrikasi yang akan melindunginya dari cedera.

Peneliti menambahkan bahwa pada pria, orientasi seksual dengan pedoman pupil dikatakan lebih akurat daripada pedoman genital. Karena terkadang, respon genital pria hanya terjadi terhadap satu jenis kelamin saja, padahal sebenarnya dia memiliki orientasi biseksual.

Hasil penelitian ini nantinya dapat diterapkan untuk hal yang spesifik di masyarakat, seperti misalnya untuk mengetahui orientasi seksual seseorang yang menjadi tersangka dalam suatu tindak kejahatan seksual.


NBC News: The way your pupils dilate may show sexual preference



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama