Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 01 Agustus 2012

Hindari Penggunaan Anestesi Topikal Pada Bayi

Orang tua sebaiknya tidak menggunakan produk yang mengandung benzocaine seperti yang terkandung pada obat topikal anestesi untuk mengurangi rasa nyeri yang dialami bayi ketika giginya mau tumbuh, kecuali dalam pengawasan ahli kesehatan. Hal ini dikatakan oleh lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat atau FDA.

Di Amerika Sendiri, topikal anestesi dijual bebas. Bahkan ada produk topikal anestesi yang diklaim khusus untuk bayi seperti produk Baby Orajel, padahal produk ini juga menggunakan bahan aktif benzocaine.

Lalu apa bahaya benzocaine bagi bayi? Penggunaan benzocaine baik berupa gel maupun cairan untuk mengurangi rasa nyeri pada rongga mulut dapat menimbulkan suatu kondisi yang berpotensi mematikan yang disebut methemoglobinemia, yaitu suatu kondisi di mana kadar oksigen yang ada di dalam aliran darah menjadi jauh berkurang. FDA mengatakan bahwa risiko ini khusus dialami oleh anak yang berusia di bawah 2 tahun.

FDA pertama kali memberi peringatan mengenai potensi bahaya dari benzocaine pada tahun 2006 setelah menerima 29 laporan mengenai kasus methemoglobinemia akibat penggunaan benzocaine. 19 kasus dialami oleh anak-anak dengan 15 diantaranya terjadi pada anak dengan usia di bawah 2 tahun.

Gejala dari methemoglobinemia diantaranya adalah warna kulit, bibir dan kuku yang pucat, keabuan, atau kebiruan; napas yang pendek, lemas, bingung, sakit kepala, dan denyut jantung yang lebih cepat.

Gejala dapat muncul dalam hitungan menit sampai jam setelah penggunaan benzocaine baik untuk pertama kali, ataupun setelah beberapa kali penggunaan. Apabila gejala ini muncul, orang tua harus segera menghubungi nomor darurat agar segera mendapatkan bantuan.

Alternatif lain dari penggunaan benzocaine untuk mengurangi nyeri pada daerah gigi yang akan tumbuh adalah dengan penggunaan teething ring yang sudah didinginkan di dalam kulkas, atau dengan cara memijat gusi bayi menggunakan jari secara lembut.


Health Day News: Teething Baby? Avoid Benzocaine, FDA Says.

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama