Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 09 Agustus 2012

FAQ: Gloves (Handscoon) Dan Perawatan Gigi Mulut

Handscoon merupakan bagian dari Personal Protective Equipment (PPE) yang harus dipenuhi ketika melakukan perawatan pasien gigi dan mulut. PPE sendiri didesain untuk melindungi operator dari paparan darah dan material infeksius lainnya. Berikut ini adalah FAQ atau pertanyaan yang paling banyak ditanyakan seputar handscoon.

Kapan handscoon harus digunakan? 
Handscoon digunakan untuk mencegah kontaminasi terhadap tangan operator ketika menyentuh membran mukosa, darah, saliva, dan material infeksius lainnya. Selain itu, handscoon juga berfungsi untuk mengurangi kemungkinan perpindahan mikroorganisme yang ada di tangan operator ke pasien selama perawatan berlangsung.

Apakah dengan memakai handscoon kita tidak perlu lagi mencuci tangan? 
Handscoon bukanlah pengganti prosedur mencuci tangan. Operator tetap harus mencuci tangan dan mengeringkannya dengan baik sebelum menggunakan handscoon. Apabila tangan tidak dicuci, bakteri di tangan dapat menggandakan diri dengan cepat ketika memakai handscoon karena lingkungan yang lembap. Setelah menggunakan handscoon, tangan juga harus segera dicuci kembali. Hal ini semua dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kebocoran pada handscoon, yang dapat terbentuk baik sebelum maupun selama prosedur perawatan pasien.

Apakah handscoon dapat dicuci sebelum digunakan?
Mencuci handscoon yang terbuat dari latex menggunakan sabun, chlorhexidine, atau alkohol dapat menimbulkan sobekan mikro. Kondisi ini disebut wicking, yaitu suatu kondisi yang memungkinkan cairan untuk menembus lubang yang tidak tampak oleh mata pada handscoon. Oleh karena itu hal ini tidak dianjurkan.

Dental material apa saja yang dapat memengaruhi kekuatan handscoon?
Handscoon yang terbuat dari latex, vinyl, nitrile dan bahan sintetis lainnya dapat melemah apabila terpapar oleh glutaraldehid, hidrogen peroksida, dan alkohol. Dental material lain yang memiliki pengaruh yang sama diantaranya adalah monomer akrilik, chloroform, orange solvent, eugenol, cavity varnish, asam etsa, dan dimetakrilat. Karena ilmu dental material terus berkembang dan selalu bermunculan bahan baru, pengguna handscoon harus berkonsultasi sendiri dengan produsen handscoon mengenai pengaruh bahan-bahan baru tersebut terhadap kekuatan handscoon.

Apa saja jenis-jenis handscoon?

  • Patient examination gloves.
Indikasi: Pemeriksaan dan prosedur non bedah lainnya, termasuk pemeriksaan yang memungkinkan kontak dengan membran mukosa, dan prosedur laboratorium.
Catatan: Terdiri dari steril dan non-steril, penggunaannya sekali pakai untuk satu pasien.
Bahan: Natural rubber latex (NRL), nitrile, polivinyl chloride, polyethylene


  • Surgeon's Gloves

Indikasi: Prosedur pembedahan.
Catatan: Steril, penggunaan sekali pakai untuk satu pasien.
Bahan: NRL, nitrile, kombinasi latex dan/atau sintetis.


  • Non-medical Gloves

Indikasi: pembersihan dan disinfeksi alat, memegang bahan kimia dan benda tajam yang sudah terkontaminasi, tidak digunakan ketika merawat pasien.
Catatan: Sarung tangan serba guna yang tahan sobek, tahan bahan kimia. Dapat dicuci setelah digunakan, dan dapat digunakan berulang kali.
Bahan: NRL dan nitrile atau campuran chloroprene, nenoprene, nitrile, butyl rubber.


CDC: Personal Protective Equipment



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama