Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 31 Agustus 2012

Cara Sehat Untuk Tidak Menjadi Orang Pelupa

forget things
Mungkin Anda pernah ingin mengatakan sesuatu yang ada di pikiran, namun sang lidah tidak mampu untuk mengutarakannya. Menjadi pelupa tidak hanya didominasi oleh orang lanjut usia. Penelitian mengatakan kalau sifat pikun ini dapat saja muncul sejak orang memasuki usia 20 tahun.

1. Sediakan waktu istiahat ketika mempelajari sesuatu.
Berdasarkan sebuah penelitian bari di jurnal Proceedings of the Royal Society B, beristirahat sejenak yang dilakukan antara sesi latihan akan lebih efektif dibandingkan latihan non-stop dalam memasukkan informasi baru ke otak.

Dalam penelitian tersebut, partisipan dibagi menjadi dua kelompok dan diminta untuk mempelajari tugas komputer yang sulit selama dua hari. Kelompok yang menyempatkan diri untuk beristirahat selama sejam antara sesi latihan ternyata lebih menangkap informasi yang tepat dibandingkan kelompok yang tidak istirahat sama sekali.

Namun, bagaimana bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat? Anda bisa mencoba tips selanjutnya.

2. Sarapan pagi.
Dengan sarapan pagi yang sehat yang mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan omega 3, Anda akan dapat menjaga sel otak untuk tetap sehat dan membantu mencegah penurunan kemampuan kognitifnya.

3. Tidur yang cukup.
Tidur memiliki peran yang penting dalam menyatukan keterampilan persepsi. Orang yang kurang tidur biasanya akan sulit untuk menangkap informasi yang baru diterimanya.

4. Olahraga yang rutin.
Tim dari Beckman Institute di University of Illinois baru-baru ini meninjau berbagai penelitian lama dan menemukan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan kecepatan dan ketajaman berpikir termasuk dapat meningkatkan volume dari jaringan otak. Bahkan, hanya dengan jalan cepat selama 50 menit, tiga kali seminggu sudah cukup untuk memperoleh manfaat ini.

5. Hindari makanan penganggu memori.
Peneliti dari Cardiff University di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet ternyata dapat menganggu memori jangka pendek. Gantilah permen karet dengan makanan yang sehat bagi otak, yaitu yang mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan asam lemak esensial (misalnya omega 3).


Prevention: 5 Ways To Stop Forgetting Things



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. Tipsnya boleh juga nih, kebetulan akhir-akhir ini suka lupa.

    BalasHapus
  2. Kalau pelupanya sudah parah, apa masih bisa di obati ?

    BalasHapus
  3. Ternyata makan permen karet bisa berbahaya juga ya....

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama