Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 22 Agustus 2012

Baru: Kapsul Biometrik Untuk Membantu Perawatan Periodontal

Para peneliti telah merancang suatu control-release capsule yang disuntikan pada tempat terjadinya inflamasi dan bakteri berkembang biak, yaitu di antara gusi dan gigi. Kapsul ini mengandung suatu protein yang dapat menghentikan proses inflamasi secara signifikan dan memacu pertumbuhan jaringan gusi pada uji laboratorium awal menggunakan tikus sebagai objek penelitian.

Perawatan periodontal konvensional, yaitu scaling, root planing, dan kombinasi penggunaan antibiotik ditargetkan pada bakteri yang berakumulasi di poket gusi. Sekarang, peneliti dari University of Pittsburgh mencoba pendekatan lain, yaitu dengan mengatasi proses inflamasi yang memiliki peran utama dalam proses kerusakan jaringan.

"Although bacteria start the disease, inflammation is what keeps it going and causes progressive damage," kata Dr. Steven Little, associate professor of chemical engineering, bioengineering and immunology pada universitas tempat dilakukannya penelitian ini.

Setelah kapsul ini disuntikan, bahan polimer seperti plastiknya akan larut dan kapsul akan melepaskan kemokin protein yang akan memanggil limfosit ke poket gusi. Kemokin protein ini dapat membantu sel kekebalan tubuh untuk datang ke daerah yang sakit, lalu mengurangi proses inflamasi, menciptakan lingkungan yang dapat melawan proses jalannya penyakit, bahkan dapat menciptakan kondisi yang cocok bagi jaringan gusi untuk tumbuh.

Proses inflamasi awalnya memang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Namun, jika proses ini tidak berhenti, maka akan berlanjut menjadi proses perusakan jaringan. Pada tahap inilah, bahan yang dapat menghentikan proses inflamasi ini dibutuhkan.

Penemuan ini telah dipresentasikan pada acara American Chemical Society's 244th national meeting tanggal 20 Agustus kemarin di Philadelphia. Diharapkan, hasil peneltian ini dapat segera diterapkan pada perawatan pasien sehari-hari.


Dental Tribune: New biometric capsules may help treat periodontal disease



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. sdh nyampe blm produknya?

    BalasHapus
  2. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a speech
    casino

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama