Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 18 Juli 2012

Akhirnya, Pil Pertama Pencegah HIV Yang Disetujui FDA

Senin kemarin, FDA, lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat telah mengeluarkan izin untuk obat pertama yang dapat mengurangi risiko infeksi HIV setelah 30 tahun perjuangan melawan virus mematikan ini.


FDA telah memberikan izin untuk obat bernama Truvada, yang dikeluarkan oleh Gilead Sciences sebagai obat yang digunakan untuk pencegahan bagi orang-orang yang berisiko tinggi terinfeksi HIV melalui aktivitas seksual, seperti bagi mereka yang menjadi pasangan penderita HIV.

Ahli kesehatan masyarakat mengatakan bahwa izin ini akan dapat membantu mengurangi penyebaran HIV yang masih terus bertahan di angka 50.000 kasus infeksi baru yang terjadi tiap tahunnya selama 15 tahun ini. Di Amerika sendiri diperkirakan ada sekitar 1,2 juta orang yang memiliki HIV, yang selanjutnya berkembang menjadi AIDS apabila tidak dirawat menggunakan obat-obatan antiviral.

Gilead Sciences sendiri telah memasarkan Truvada sejak 2004 sebagai obat perawatan bagi orang-orang yang terinfeksi HIV. Namun, sejak tahun 2010 penelitian memperlihatkan bahwa obat ini ternyata juga mampu mencegah penularan HIV apabila digunakan sebagai tindakan pencegahan. 3 tahun masa penelitian memperlihatkan bahwa dosis harian obat tersebut dapat menurunkan risiko infeksi pada pria gay maupun biseksual sehat sampai dengan 42%, yang juga dikombinasikan dengan penggunaan kondom dan konseling kesehatan.

Penelitian tahun lalu juga telah memperlihatkan bahwa Truvada dapat mengurangi risiko infeksi sampai dengan 75% pada pasangan heteroseksual yang salah satu pasangannya terinfeksi HIV sedangkan pasangannya tidak. Berdasarkan data-data tersebut, akhirnya FDA menyetujui penggunaan obat ini sebagai upaya pencegahan infeksi HIV.

Namun FDA menambahkan bahwa obat ini bukanlah upaya menggantikan penggunaan kondom untuk mencegah penyakit menular seksual. Karena, selain HIV masih banyak penyakit menular lain yang dapat berpindah melalui hubungan seksual.


MSNBC: FDA approves first pill to help prevent HIV



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama