Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 27 Juni 2012

Triclosan Dalam Pasta Gigi Dapat Menganggu Kekebalan Tubuh Anak

toothpaste
Bahan antibakteri yang banyak terdapat dalam produk kesehatan rongga mulut ada kemungkinan dapat meningkatkan risiko alergi pada anak. Peneliti dari John Hopkins Children's Center, Maryland, menemukan bahwa apabila bahan yang dikenal dengan nama triclosan ini ditemukan dalam konsentrasi yang tinggi pada urin anak, maka anak tersebut akan memiliki risiko alergi dua kali lipat lebih besar terhadap makanan maupun bahan alergen yang terdapat di lingkungan sekitarnya.

Dari hasil penelitian ini, diketahuilah bahwa anak-anak dengan kadar triclosan yang tinggi ternyata juga memiliki tingkat antibodi immunoglobulin E (Ig E) yang juga tinggi. Kadar Ig E yang tinggi inilah yang mempengaruhi seseorang untuk memiliki kecenderungan alergi.

"Hubungan antara risiko alergi dan paparan bahan antibakteri menunjukkan bahwa agen ini dapat mengganggu keseimbangan antara bakteri menguntungkan dan buruk dalam tubuh dan menyebabkan disregulasi sistem kekebalan tubuh, yang pada gilirannya akan meningkatkan risiko alergi," kata Jessica Savage, peneliti utama dari studi. Untuk memperjelas hubungan antara bahan antibakteri dan perkembangan alergi, para peneliti merencanakan studi jangka panjang pada bayi yang sudah terpapar bahan antibakteri sejak lahir, dan mengikuti perkembangannya sampai masa kanak-kanak.

Merujuk kepada FDA, sampai saat ini triclosan belum dinyatakan berbahaya bagi manusia. Namun, sejumlah penelitian memang menganjurkan untuk meninjau kembali pandangan tersebut. Karena berbagai penelitian terbaru telah memperlihatkan bahwa triclosan dapat mengubah regulasi hormon dan berkontribusi untuk membuat bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik.

Penelitian ini dipublikasikan secara online pada tanggal 18 Juni dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology.


Dental Tribune: Chemicals in oral care products may harm immune system


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. Apakah pasta gigi anak yang beredar dipasaran aman untuk anak?

    BalasHapus
  2. Apakah pasta gigi anak yang beredar dipasaran aman untuk anak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita percayakan saja kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan kita. Dan biasanya triclosan tidak terdapat pada pasta gigi anak.

      Hapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama