Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 12 Mei 2012

Batuk Yang Tidak Berhenti = Kanker?

Baru-baru ini pemerintah Inggris memberikan peringatan melalui iklan layanan masyarakat kepada warganya agar mereka waspada apabila mengalami batuk yang persisten atau tidak mau berhenti selama 3 minggu. Dikatakan bahwa gejala ini bisa jadi merupakan pertanda adanya risiko kanker paru.

Biasanya orang baru merasa was-was ketika gejala kanker sudah memasuki tahap yang lebih lanjut, yaitu apabila muncul suatu benjolan ataupun terjadi perdarahan. Padahal batuk yang persisten sudah harus dijadikan sebagai alarm adanya sesuatu yang tidak beres dengan tubuh kita. Gejala ini bisa menjadi pertanda dari stadium awal penyakit kanker paru. Tentunya semakin dini perawatan kanker dilakukan, maka harapan hidup penderitanya akan semakin baik.

Di Inggris sendiri ada 33.000 orang yang terserang kanker paru tiap tahunnya dan paling banyak menyerang orang-orang yang berusia di atas 55 tahun. Mereka yang didiagnosis menderita kanker paru pada stadium awal, sekitar 80% masih dapat bertahan hidup untuk lima tahun berikutnya. Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang baru terdiagnosis menderita kanker di stadium yang lebih lanjut, di mana hanya 7% yang dapat bertahan hidup.


BBC Health: Persistent Cough Could Be Lung Cancer Warning




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama