Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 21 April 2012

Tidak Ada Bukti Penyakit Gusi Dapat Menyebabkan Masalah Jantung

Mencegah terjadinya penyakit jantung tidak semudah dengan menyikat gigi yang teratur saja. Karena para ahli akhirnya menyatakan bahwa belum ada bukti yang kuat yang memperlihatkan bahwa penyakit gusi memiliki hubungan dengan penyakit jantung.

Sebelumnya, beberapa penelitian telah menghubungkan masalah gusi dengan meningkatnya risiko penyakit jantung dan stroke. Namun setelah menyimak sekitar 500 jurnal artikel dan penelitian, komite American Heart Association menyatakan bahwa tidak ada bukti yang kuat yang menyatakan bahwa penyakit gusi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Menurut salah seorang anggota komite, Dr. Peter Lockhart,  pernyataan bahwa penyakit jantung dan stroke berhubungan langsung dengan penyakit gusi akan mengaburkan fakta yang sebenarnya mengenai penyakit ini. Selain itu, hal ini bisa membuat pasien mengubah fokus pencegahan penyakit dari faktor risiko yang sudah dikenal ke perawatan penyakit gusi ini saja, dan itu tentu merupakan hal yang salah.

Namun, komite menambahkan bahwa memang sebenarnya bakteri rongga mulut dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Walaupun begitu, penyakit gusi dan jantung sebenarnya memiliki faktor risiko yang sama satu sama lain, seperti diantaranya kebuasan merokok, faktor umur, serta diabetes. Kesamaan faktor risiko inilah yang seringkali menyebabkan penderita penyakit jantung juga memiliki penyakit gusi di saat yang bersamaan. Kesamaan faktor risiko inilah yang tidak diperhitungkan dengan baik oleh para peneliti sebelumnya.

Untuk dapat membuktikan  penyakit gusi dapat menyebabkan masalah jantung dan stroke, perlu dilakukan penelitian dalam skala yang lebih besar dan dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian tersebut tampaknya tidak akan selesai dalam waktu dekat ini, sehingga penting bagi tenaga kesehatan untuk menginformasikan hal-hal yang sudah mereka ketahui dengan pasti saja kepada pasiennya.

Komite menambahkan bahwa kebersihan rongga mulut yang baik tetap merupakan hal yang penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Karena beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa perawatan penyakit gusi dapat mengurangi marker inflamasi yang ada di dalam tubuh yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

MSNBC: No proof bad gums cause heart trouble, experts say.

1 komentar:

  1. makasih ya infonya,selama ini sejawat drg berpendapat bhw penyakit gusi dapat menyebabkan penyakit jantung. Mhn di share ya...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama