Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 28 April 2012

Mariah Carey Turun 13 Kilogram Setelah Melahirkan

Penyanyi legendaris Mariah Carey berhasil menurunkan berat badannya sampai sekitar 13 kilogram dalam waktu 6 bulan. Apa saja yang dia lakukan untuk memperoleh kembali tubuhnya yang menakjubkan? Baru-baru ini dia mengungkapkannya kepada majalah Shape.

Ketika mengandung bayi kembarnya, Roc dan Roe, Mariah mengalami penambahan berat badan sampai 30 kilogram. Tubuhnya pun terlihat sangat besar karena dia juga mengalami pembengkakan tubuh akibat retensi cairan. Untungnya pembengkakan ini segera menghilang setelah si kembar lahir melalui operasi caesar.

Tiga bulan paska melahirkan Mariah masih belum puas dengan berat badannya. Dia pun menjalani program penurunan berat badan yang dibuat oleh Jenny Craig, Inc., sebuah perusahaan nutrisi dan manajemen berat badan di Amerika Serikat.

Program yang meliputi pengaturan diet pribadi dan latihan fisik ini berhasil membuang 13 kilogram berat badannya dalam waktu 6 bulan.

Mariah mengatakan kalau sebelumnya dia dapat dengan mudah menurunkan berat badannya hanya dengan menambah intensitas olah raga. Namun kini hal itu berubah. Sejak memiliki bayi, Mariah menyadari bahwa 90% penurunan berat badannya dipengaruhi oleh diet. Oleh karena itu rutinitas olah raga yang dia lakukan sekarang adalah untuk mempertahankan bentuk tubuhnya saja. Sedangkan untuk menurunkan berat badan dia lebih fokus ke pengaturan asupan makanannya sehari-hari.

Olah raga yang biasa dilakukan Mariah adalah berjalan kaki ataupun aquatic exercise (semacam latihan aerobik yang dilakukan di kolam renang). Untuk jalan kaki biasanya Mariah melakukannya beberapa kali dalam seminggu, sedangkan aquatic exercise biasanya dia lakukan 3 sampai 4 kali seminggu dengan intensitas selama 45 menit per latihan.

Di awal latihan Mariah bercerita kalau dia sedikit merasa kesulitan. Dia harus belajar kembali bagaimana cara berjalan dan bergerak di dalam kolam renang. Namun seiring bertambahnya jumlah latihan, Mariah justru merasa lebih kuat dari sebelumnya.

Latihan fisik ini tentu tidak bisa dia lakukan langsung setelah melahirkan karena Mariah menjalani operasi caesar untuk melahirkan bayi kembarnya. Wanita yang melahirkan bayi secara caesar diharuskan untuk istirahat total minimal selama 6 minggu.

Dengan keberhasilannya menurunkan berat badan paska melahirkan, Mariah pun diangkat menjadi duta Jenny Craig yang baru. Selain menjadi duta Jenny Craig, penyanyi yang memiliki single lagu nomor satu terbanyak kedua setelah The Beatles ini juga bergabung dengan gerakan yang dibuat oleh American Heart Association, suatu perkumpulan ahli kesehatan jantung di Amerika Serikat. Dia mengatakan, "Saya ingin menyebarkan pesan bahwa Anda semua dapat hidup lebih lama dan lebih baik apabila Anda mau memperbaiki pola makan dan melakukan aktivitas fisik lebih banyak." "Saya berharap orang-orang dapat terinspirasi dengan perjalanan hidup saya dan mau memulai untuk mengambil langkah yang tepat untuk menjadi lebih sehat."

Shape magazine: How Mariah Got Her Groove Back

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama