Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 29 April 2012

Baru: Alat Portabel Untuk Deteksi Kanker Mulut

Tim peneliti dari University of Texas telah menciptakan suatu alat semacam miniatur mikroskop portabel yang diharapkan dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mendiagnosis kanker mulut.

Alat ini memiliki panjang sekitar 20 cm dengan lebar 1 cm pada ujungnya. Selain digunakan untuk mendiagnosis kanker mulut secara real time, alat ini pun dapat memeriksa tahap awal dari perkembangan sel kanker serta bisa menjadi alat panduan biopsi yang lebih akurat.

Alat yang dipresentasikan di IOP Publishing's Journal of Micromechanics and Microengineering ini dapat memperlihatkan gambaran dari kanker mulut dengan baik layaknya teknik konvensional yang biasa digunakan.

Alat ini menggunakan laser untuk mengiluminasi daerah sampel dan dapat melihat bagian bawah dari permukaan jaringan dan menghasilkan suatu gambaran 3 dimensi. Dia juga dapat mengambil serangkaian gambar dan menumpuknya satu sama lain, kira-kira seperti menyusun sebuah mosaik, sehingga menghasilkan pandangan yang lebih luas.

Komponen utama dari alat ini adalah kaca mikro. Kaca mikro biasa digunakan pada barcode scanner dan dikendalikan menggunakan sistem mikroelektromekanis. Sehingga pancaran sinar laser dapat memindai daerah sampel sesuai program yang telah dirancang.

Kini alat tersebut akan diuji kembali untuk memperoleh persetujuan dari lembaga Food and Drug Administration. Dan diperkirakan alat ini akan dikomersialisasikan dalam dua atau tiga tahun ke depan dengan harga berkisar antara $60.000 sampai $80.000, yaitu seperempat dari harga mikroskop konvensional yang harganya bisa mencapai $100.000 sampai $500.000.

Selama ini, tingkat kematian yang berhubungan dengan kanker mulut cukup tinggi. Tidak hanya karena penyakit ini sulit ditemukan ataupun didiagnosis, namun juga karena penyakit ini seringkali ditemukan pada stadium lanjut. 

Pemeriksaan konvensional yang biasa dilakukan untuk memeriksa adanya keganasan sel adalah dengan menggunakan teknik biopsi. Pada teknik ini jaringan sampel yang ditemukan melalui pemeriksaan secara visual diambil dan dikirim ke ahli patologi yang akan memeriksanya di bawah mikroskop. Lalu ahli patologi ini akan menentukan apakah sampel jaringan yang dikirim tersebut normal atau merupakan keganasan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup besar. Sehingga penemuan ini bisa dikatakan merupakan harapan baru bagi perkembangan dunia medis, khususnya mengenai penyakit kanker mulut.

Medical News Today: Promising Handheld Diagnostic Device To Help Doctors, Dentists Detect Oral Cancer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama