Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 02 April 2012

Bakteri Plak Gigi Memicu Endokarditis

endokarditis

Bakteri mulut yang masuk ke dalam aliran darah bisa mengakibatkan terbentuknya bekuan darah yang memicu terjadinya suatu kondisi yang mengancam jiwa yaitu endokarditis. Untuk menindak lanjuti hal ini, peneliti mencoba mengembangkan suatu obat untuk mengatasi penyakit infeksi jantung ini.

Streptococcus gordonii merupakan penghuni rongga mulut yang ikut membentuk plak gigi. Bakteri ini dapat masuk ke dalam aliran darah melalui gusi yang meradang.

Peneliti menemukan bahwa S. gordonii mampu menghasilkan suatu senyawa yang menyerupai protein fibrinogen, yaitu suatu faktor pembekuan darah. Senyawa ini akan mengaktivasi platelet, sehingga membuat mereka menggumpal dan menyumbat pembuluh darah. Gumpalan darah ini akan membungkus bakteri, sehingga bakteri terlindungi dari sistem kekebalan tubuh maupun dari antibiotik yang digunakan untuk melawan infeksi.  Gumpalan darah ini selanjutnya dapat bertambah besar apabila sampai ke katup jantung yang akan berlanjut ke arah endokarditis, ataupun dapat menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak dan ke jantung.

Penemuan ini dipresentasikan oleh Dr. Helen Peterson, seorang dosen klinis di bagian bedah mulut dan maksilofasial UCL Eastman Dental Institute, London. Dia menyatakan bahwa pemahaman yang lebih baik mengenai hubungan antara bakteri dan platelet dapat membawa kita untuk menemukan perawatan baru bagi penyakit endokarditis infektif. Dalam perkembangan penyakit ini, tahapan penting yang harus kita perhatikan adalah ketika bakteri melekat pada katup jantung lalu mengaktivasi platelet untuk membentuk gumpalan darah. Para peneliti ini sekarang berusaha menemukan mekanisme di balik proses ini dengan harapan mereka bisa mengembangkan obat baru yang dapat mencegah terbentuknya gumpalan darah.

Saat ini, endokarditis infektif dirawat melalui proses operasi jantung ataupun penggunaan antibiotik yang kuat. Namun, penggunaan antibiotik saat ini semakin sulit dengan semakin berkembangnya resistensi antibiotik. Sekitar 30% dari penderita penyakit ini meninggal dan kebanyakan dari pasien ini memerlukan tindakan operasi untuk mengganti katup jantung mereka yang telah terinfeksi dengan katup jantung buatan yang terbuat dari logam ataupun yang berasal dari hewan.

Dr. Steve Kerrigan, dari Royal College of Surgeons di Irlandia, mengatakan bahwa timnya telah berhasil mengidentifikasi komponen penting dari S. gordonii yang menyerupai sifat fibrinogen, sehingga sekarang mereka semakin dekat untuk menemukan desain senyawa baru yang dapat menghambat terbentuknya gumpalan darah. Tidak hanya itu, tim ini juga mencoba menemukan kemungkinan bakteri lain yang berhubungan dengan S. gordonii yang memiliki kemampuan yang serupa.

Dental Tribune: Dental Plaque Bacteria May Trigger Endocarditis





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
    pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
    gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
    kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan
    nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
    angka yang kemarin di berikan 4D yaitu 6377 TGL 01-09-2016
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat Rp.250.juta
    bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri
    apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
    jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
    ini nomor hp -> (-082-370-357-999-) MBAH SERO
    demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
    atau silahkan buktikan sendiri..

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama