Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 16 April 2012

5 Hal Yang Membuat Anda Merasa Lelah

Ada beberapa hal yang dapat menghisap energi sehingga Anda akan merasa sangat lelah. Berikut ini adalah hal-hal tersebut.

1. Dehidrasi
Bahkan dehidrasi tingkat sedang pun (yaitu di mana Anda sampai kehilangan 3% dari berat tubuh) sudah dapat membuat Anda merasa lesu dan kehilangan konsentrasi. Jadi, apabila Anda merasa lelah dan kehilangan konsentrasi, jangan hanya berpikir Anda perlu makan. Cobalah dengan meminum segelas atau dua gelas air.
2. Handphone
Memeriksa hp sebelum tidur akan merangsang aktivitas otak sehingga Anda akan lebih sulit untuk merasa mengantuk. Selain itu, lampu dari berbagai alat maupun ponsel yang berwarna biru juga akan dapat menekan hormon tidur yang disebut melatonin. Sebuah polling yang dilakukan oleh National
Sleep Foundation di Amerika pada tahun 2011 juga menemukan bahwa sekitar 20% dari orang yang berusia antara 19 sampai 29 tahun sering terbangun ketika tidur karena gangguan sms, email, ataupun telepon. Tentunya hal ini akan mengganggu kualitas tidur sehingga dianjurkan untuk mematikan ponsel ketika tidur apabila sering menerima gangguan seperti ini.
3. Obat-obatan
Beberapa jenis obat diketahui dapat menyerap energi yang Anda miliki. Diantaranya seperti obat anti depresan dan beberapa jenis obat beta blocker yang biasa digunakan untuk mencegah migrain dan mengobati tekanan darah tinggi. Apabila setelah minum obat Anda merasa lemas dan hal ini mengganggu aktivitas Anda, maka mintalah alternatif obat lain kepada dokter Anda. Apabila tidak ada, minumlah obat tersebut sebelum Anda tidur.
4. Olah raga atau aktivitas fisik yang berlebihan.
Sebetulnya olah raga dapat menurunkan kadar hormon stres yang disebut kortisol. Namun, olah raga yang menghabiskan keringat dalam jangka waktu yang cukup lama malah bisa menambah produksi kortisol. Solusinya lakukan latihan secara interval dan dikombinasikan dengan latihan kekuatan agar kadar kortisol tetap stabil.
5. Kekurangan zat besi.
Mineral ini berperan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan membuang sampahnya yang dihasilkan oleh sel tubuh. Apabila Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan 18 mg zat besi dalam sehari, maka tubuh Anda akan berusaha lebih keras agar dapat berfungsi dengan baik sehingga Anda pun merasa lelah. Untuk memastikan Anda kekurangan zat besi, biasanya dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes darah sederhana dan akan memberikan suplemen yang tepat apabila Anda memang membutuhkannya.

Women's Health: Fatigue Facts: 5 Things That Make You Tired




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama