Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 06 Maret 2012

Tambal Gigi Anak Tak Perlu Ekskavasi?

kid dentist

Peneliti mencoba menguji teknik baru dalam merawat gigi anak yang berlubang tanpa menimbulkan rasa nyeri. Tidak dibor, melainkan langsung ditutup dengan tambalan. Bagaimana penjelasan mereka?

Dari penelitian awal yang sudah dilakukan tampaknya diperoleh hasil yang menjanjikan sampai-sampai National Health Services (NHS) Inggris mau memberikan tiga juta poundsterling untuk penelitian dalam skala yang lebih besar.

Pada teknik yang diberi nama teknik Hall ini (diambil dari nama dokter gigi Aberdeenshire, Norna Hall) tidak ada upaya yang dilakukan untuk membuang jaringan rusak gigi, melainkan hanya menambal gigi tersebut menggunakan mahkota logam.

Tanpa anestesi, tanpa rasa sakit, proses pembentukan karies pun dapat dihentikan karena bakteri kekurangan oksigen dan nutrisi makanan.

Yang perlu digaris-bawahi adalah teknik ini harus dilakukan sebelum timbul rasa nyeri dari gigi yang berlubang dan mahkota itu pun akan terpasang sampai gigi sulung terlepas.

Dari pengujian selama dua tahun pada 132 anak antara usia tiga sampai sepuluh tahun, baik anak, orang tua, maupun dokter gigi sendiri lebih menyukai teknik Hall ini. Dan kini, peneliti mencoba menyelidiki lebih lanjut apakah teknik ini dapat dilakukan pada gigi permanen.

Dentistry.co.uk: Metal crown solves kids' painful tooth decay




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. maksudnya mahkota logam itu yang dimana ya?apakah berupa crown?atau tambalan amalgan?

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama