Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 22 Maret 2012

Simvastatin Untuk Perawatan Periodontal Pasien Diabetes

Penyakit periodontal dan diabetes berhubungan saling timbal balik. Sehingga perawatan periodontal bagi pasien diabetes bisa menjadi suatu tantangan tersendiri bagi dokter gigi. Para peneliti di India mencoba mengetahui pengaruh simvastatin yang merupakan obat yang dapat mendorong untuk terjadinya pembentukan tulang terhadap tingkat keberhasilan perawatan periodontal pada pasien diabetes.

Simvastatin merupakan specific competitive inhibitor of 3-hydroxy-2-methyl-glutaryl coenzyme A reductase. Penelitian ini mencoba mengungkap efektivitas simvastatin 1,2% dalam bentuk sediaan gel sebagai terapi tambahan pendamping skeling dan root planing pada pasien diabetes tipe 2 dengan kondisi periodontitis kronis.

Ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur dari tingkat keberhasilan perawatan dalam penelitian ini, yaitu perdarahan sulkus, kedalaman probing, dan tingkat perlekatan klinis.

Setelah dilakukan penelitian selama sembilan bulan, efektivitas simvastatin dan placebo sebagai pendamping terapi scaling dan root planing dibandingkan. Maka diperolehlah hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa rata-rata  pengurangan kedalaman probing dan peningkatan tingkat perlekatan klinis lebih besar ditemukan pada perawatan scaling dan root planing yang dikombinasikan dengan simvastatin. Lebih jauh lagi, rata-rata persentase pengisian tulang secara signifikan lebih besar ditemukan pada grup penelitian yang memperoleh perawatan tambahan simvastatin.

Journal of Periodontology:
Efficacy of Subgingivally Delivered Simvastatin in the Treatment of Type 2 Diabetes Subjects With Chronic Periodontitis: A Randomized Double Blinded Controlled Clinical Trial.





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama