Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 28 Maret 2012

Obat Ajaib Itu Bernama Aspirin

aspirin

Setelah melalui beberapa penelitian, terungkaplah manfaat besar aspirin dalam membantu perawatan dua penyakit mematikan yaitu serangan jantung dan kanker.

Pertama mari kita ulas kemampuan aspirin dalam mengurangi risiko kanker. Dikatakan oleh peneliti bahwa dengan mengkonsumsi aspirin sebutir sehari dapat mencegah tumbuhnya jaringan keganasan yang kita kenal dengan istilah kanker. Tidak hanya mencegah, pada beberapa kasus malah ditemukan bahwa aspirin juga dapat membantu perawatan pasien kanker.

Dari data penelitian diketahuilah bahwa orang-orang yang mengkonsumsi aspirin dalam dosis rendah setiap hari selama paling tidak 3 tahun ternyata 25% lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap kanker. Aspirin juga dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker sampai hampir 40% setelah 5 tahun perawatan, kata para peneliti.

Berkurangnya risiko kematian ini mungkin dikarenakan penurunan kemampuan kanker untuk menyebar ke organ lain.

Dari penelitian tersebut para peneliti berpendapat bahwa aspirin bisa menjadi tambahan terapi yang potensial dalam perawatan kanker.

Tidak hanya kanker, aspirin ternyata juga bermanfaat bagi pasien yang berisiko mengalami serangan jantung. Menurut penelitian, pasien yang mengkonsumsi aspirin, baik dalam dosis rendah maupun tinggi, akan memperoleh tingkat perlindungan yang sama dari serangan jantung berikutnya maupun penyakit kardiovaskular lain seperti stroke.

Bersama dengan obat anti-clotting, aspirin harian telah direkomendasikan kepada hampir semua dari 1 juta orang Amerika yang mengalami serangan jantung tiap tahun. Walaupun begitu, dosis yang paling efektif masih belum dapat ditentukan oleh para ahli. Namun, bila dilihat dari efektivitas antara dosis rendah dan tinggi yang sama hasilnya, maka tentunya pilihan terbaik jatuh kepada penggunaan dosis yang rendah untuk meminimalisir efek samping dari aspirin itu sendiri.

MSNBC: Daily Aspirin Might Reduce Cancer Risk
Health Day: Low-Dose Daily Aspirin Enough To Help Heart Attack Patients.





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama