Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 13 Maret 2012

Minuman Sehat Pun Bisa Menimbulkan Efek Buruk

fruit juice

Segar, nikmat, sehat, itulah yang mungkin orang katakan tentang jus buah. Namun segala yang berlebihan tetap bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Apa pengaruh buruk yang bisa ditimbulkan oleh jus buah? Simak ulasannya berikut ini.

Dokter gigi memberikan peringatan keras mengenai bahaya jus buah ataupun smoothies bagi kesehatan gigi. Karena tidak sedikit orang tua yang memberikan anaknya banyak jus buah karena ingin anaknya sehat. Padahal hal yang mereka lakukan ini dapat menimbulkan kerusakan gigi dalam jangka panjang.

Kenapa jus buah bisa seperti itu? Buah akan memberikan efek yang buruk jika diblender dan dibuat jus, karena dia akan melepaskan kandungan gula alami yang terdapat di dalamnya. Selain itu, buah seperti jeruk juga memiliki kandungan asam yang lebih tinggi. Gula dan asam ini berpotensi besar untuk mengikis permukaan email gigi apabila dikonsumsi terlalu sering.

Jadi seberapa banyak jus yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam sehari? National Health Services Inggris menganjurkan hanya 150 ml jus buah yang boleh dikonsumsi dalam sehari. Jumlah itu merupakan seperlima dari jumlah buah dan sayur yang dianjurkan per harinya. Selain itu, disarankan agar konsumsi jus buah dilakukan pada jam makan agar efek negatif yang ditimbulkan dapat lebih ditekan lagi.

Tentunya akan lebih baik lagi bila buah dikonsumsi dalam keadaan utuh, karena fungsi serat yang terkandung dalam buah masih optimal.

Daily Mail: How giving your children five-a-day can actually damage their teeth





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama