Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 05 Maret 2012

6 Makanan Untuk Tidur Yang Nyenyak

Daripada harus mengkonsumsi obat tidur yang lama-kelamaan dapat menimbulkan risiko kesehatan, tentu akan lebih baik bila menggunakan cara alami untuk dapat tidur dengan nyenyak. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Antioksidan ternyata juga bisa menjadi kunci bagi Anda untuk memperoleh tidur yang lebih nyenyak. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa orang yang meminum 1 ons jus ceri dua kali sehari selama satu minggu ternyata dapat tidur lebih nyenyak dan memperoleh tambahan jam tidur sebanyak 25 menit.

Kenapa bisa begitu? Buah ceri mengandung tryptophan, yaitu asam amino esensial yang dapat dikonversi menjadi serotonin yang selanjutnya dapat berubah menjadi melatonin.

Tubuh Anda secara alami  menghasilkan melatonin, suatu neurotransmiter yang mengatur jam tubuh Anda. Melatonin mengatur pola tidur dan bangun tidur dengan cara mengatur zat kimia di dalam tubuh yang membuat Anda merasa mengantuk ataupun terjaga.

Selain buah ceri, ada 5 jenis makanan lain yang dapat meningkatkan sirkulasi melatonin di dalam tubuh Anda. Berikut makanan yang dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

1. Rasberi 387 nanogram melatonin per gram.
2. Kacang almon 39 nanogram melatonin per gram.
3. Biji bunga matahari 29 nanogram melatonin per gram.
4. Ceri (up to) 15 nanogram melatonin per gram.
5. Flax seed 12 nanogram melatonin per gram.
6. Stroberi (up to) 11 nanogram melatonin per gram.

Men's Health: 6 Foods for Better Sleep





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama