Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 06 Februari 2012

Sealant Resin Vs. Glass Ionomer

dental sealant
Resin dan glass ionomer untuk perawatan sealant gigi molar yang erupsi sebagian, peneliti mencoba membandingkan dua bahan ini dalam hal retensi, marginal staining, dan cariostatic properties dalam periode 24 bulan. Mana yang lebih baik?

39 pasien yang berusia 5 sampai 9 tahun dengan gigi molar pertama bilateral yang erupsi sebagian diikut sertakan dalam penelitian ini. Setiap pasien diberikan perawatan sealant dengan menggunakan bahan resin pada gigi di sisi yang satu dan glass ionomer pada gigi di sisi yang lainnya. Selanjutnya sealant dievaluasi pada bulan ketiga, keenam, kedua belas, dan bulan kedua puluh empat.

Setelah 24 bulan pengamatan, diperoleh data bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal retention rate, 40.7% untuk grup resin dan 44.4% untuk grup glass ionomer. Dalam hal marginal staining, grup resin memperoleh persentase yang lebih tinggi daripada glass ionomer. Pada akhir penelitian, 2 sealant dari grup resin dan 3 sealant dari grup glass ionomer terlepas total. Namun, pada grup resin yang sealantnya lepas ditemukan adanya demineralisasi, sedangkan pada grup glass ionomer tidak ada.

Dari penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa untuk kasus sealant pada gigi yang erupsi sebagian di mana isolasi gigi dari saliva sulit dilakukan, glass ionomer merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan sealant resin. Untuk kasus ini glass ionomer memiliki kelebihan dimana tingkat marginal stainingnya lebih kecil dan risiko pembentukan karies yang lebih kecil pula.


The Journal Of The American Dental Association: Twenty-four month clinical evaluation of
fissure sealants on partially erupted permanent first molars (Glass ionomer versus resin-
based sealant)




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama