Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 15 Februari 2012

Polusi Udara Dapat Memicu Serangan Jantung Dan Stroke Hanya Dalam Beberapa Hari Saja

Anda yang memiliki risiko tinggi terhadap serangan jantung dan stroke ada baiknya untuk memperhatikan kualitas udara yang Anda hirup sekarang. Karena peneliti telah menemukan bahwa udara yang sudah mengalami polusi dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung ataupun stroke hanya dalam beberapa hari saja.

Dua buah penelitian telah mengungkapkan bahwa risiko serangan jantung dan stroke dapat meningkat secara signifikan hanya dengan beberapa hari terpapar udara yang terpolusi, terutama bagi mereka yang sudah memiliki faktor pemicunya di dalam diri mereka.

Satu penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association edisi terbaru mengungkap bahwa risiko serangan jantung dapat meningkat sampai hampir 5% hanya dalam 7 hari berada di lingkungan dengan kadar karbonmonoksida yang tinggi.

Sementara itu, penelitian yang dipublikasikan di edisi terbaru Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa risiko stroke dapat meningkat sebesar 34% hanya dengan 1 hari berada di lingkungan dengan tingkat polusi sedang. Peningkatan terbesar dari risiko stroke ini terjadi dalam 12-14 jam terpapar partikel halus yang berasal dari polusi kendaraan.

Peneliti masih belum dapat menentukan besar kuantitas dari polusi yang dapat memicu serangan jantung ataupun stroke. Namun mereka tetap menganjurkan agar orang-orang yang rentan terhadap serangan jantung ataupun stroke agar melindungi diri mereka dengan meminimalisir waktu mereka menghirup udara yang kotor. Karena dengan meningkatnya paparan baik dari segi waktu maupun kuantitas, maka risiko kesehatan ini pun meningkat.

MSNBC: Even a few days of air pollution may trigger heart attack,stroke.





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama