Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 21 Februari 2012

Kulit Sensitif, Harus Bagaimana?

Kulit sensitif terkadang atau bahkan seringkali membuat penderitanya repot. Rasa percaya diri pun terganggu. Lalu harus bagaimana?

Kulit yang sensitif disebabkan oleh sistem imun tubuh yang terlalu berlebihan. Dia akan menganggap benda-benda tertentu ataupun cuaca sebagai benda asing yang harus dilawan. Proses perlawanan inilah yang akan memunculkan gejala seperti kulit berwarna kemerahan, gatal, perih, sampai mengelupas.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif:

1. Pengharum.
Pengharum merupakan alergen nomor satu diantara berbagai jenis kosmetik dan produk perawatan kulit. Bila Anda termasuk yang memiliki kulit sensitif, pilihlah penggunaan produk kosmetik yang tidak mengandung fragrance, bersifat hipoalergenik, dan bebas formaldehid.

Apabila Anda tidak dapat menghindari penggunaan pengharum, misalnya parfum, ada trik khusus untuk Anda. Caranya dengan tidak menyemprotkan parfum secara langsung ke kulit Anda, melainkan dengan menyemprotkannya ke pakaian Anda dan biarkan sampai parfum mengering baru Anda kenakan pakaian tersebut.

2. Bahan kimia pada sabun dan cleanser.
Bahan kimia yang disebut dengan istilah surfaktan akan membuat kulit Anda terasa kesat bersih karena sangat efektif untuk membersihkan kotoran dan minyak pada kulit. Namun dia juga merupakan musuh bagi kulit yang sensitif, karena dapat merusak lipid yang terkandung di dalam kulit yang berfungsi untuk menjaganya dari kekeringan dan kerusakan. Salah satu jenis surfaktan yang banyak dipakai di berbagai produk pembersih kulit adalah sodium lauryl sulfate.

Beberapa jenis sabun juga mengandung bahan antibakteri yang dapat membuat kulit menjadi kering, seperti misalnya tetrasodium EDTA dan triclosan. Bahan ini bisa mengakibatkan gatal dan pengelupasan pada kulit yang sensitif karena hilangnya kelembaban.

Oleh karena itu, pilihlah sabun khusus untuk kulit sensitif ataupun untuk kulit kering, biasanya sabun jenis ini mengandung sodium laureth sulfate dalam kadar yang ringan. Perlu diingat, lauryl dan laureth merupakan dua bahan yang berbeda. Untuk penderita kulit sensitif, sodium lauryl sulfate harus dihindari.

3. Bahan kimia pada make up.
Ultramarine blue, yaitu suatu bahan pewarna yang terdapat pada eye shadow terkadang bersifat agak keras bagi kulit yang sensitif. Bila dia mengiritasi kulit Anda, pilihlah eye shadow dengan warna netral seperti beige atau coklat. Selain itu, bahan mika yang membuat warna make up jadi mengkilap juga bisa menimbulkan rasa gatal bagi yang sensitif.

Ada pula bahan bismuth oxychloride yang terkandung pada blushes, bronzers, dan foundations yang bisa mengiritasi terutama bila diaplikasikan menggunakan kuas, karena kuas akan mendorong partikel make up ini masuk ke dalam pori. Namun, Anda dapat mengurangi sifat iritasinya dengan menggunakan blushes, bronzers, dan foundations yang bentuknya liquid.

4. Lingkungan.
Cuaca yang cerah biasanya membuat orang senang dan bersemangat. Tapi bagi yang berkulit sensitif, cuaca cerah bisa menjadi salah satu "bencana alam".

Sinar ultraviolet dapat memutasi protein pada kulit, sehingga sel kulit rusak dan timbullah gejala seperti warna kulit yang kemerahan dan terasa terbakar.

Untuk menghindarinya gunakanlah sunblock. Namun pilihlah sunblock yang mengandung zinc
oxide atau titanium dioxide. Jangan pilih sunblock yang mengandung PABA, benzophenones, dan
cinnamates apabila Anda memiliki kulit yang sensitif.

Selain cuaca panas, udara yang dingin pun bisa mengganggu kulit yang sensitif. Udara dengan suhu yang dingin dan kelembaban yang rendah, dapat membuat kulit menjadi kering, pecah-pecah, dan kemerahan. Oleh karena itu, perlu sekali Anda menggunakan pelembab yang mengandung glycerin yang dapat mengembalikan kelembaban kulit dan menjaganya agar tidak hilang. Pakailah setiap habis mandi untuk memaksimalkan penyerapannya, dan ulangi pemakaian setiap Anda merasa membutuhkannya.

Women's Health - Sensitive Skin: What You Can Do





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. gigi sehat gigi sehat mulut sehat

    BalasHapus
  2. Anda mempunyai simptom kulit kering, berminyak? Ada parut luka, parut jerawat? Kulit pecah, selulit, lebam? Jerawat dan bertompok? Dapatkan minyak DABUS aromaterapi. Anda boleh lihat hasil yang anda impikan dalam 2-5 hari.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama