Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 19 Januari 2012

Tips Menghentikan Kebiasaan Menghisap Jempol Pada Anak

thumb sucking

Kebiasaan menghisap jempol merupakan kebiasaan yang menyenangkan dan merupakan sumber kenikmatan sendiri bagi anak. Namun seluruh ahli kesehatan gigi tentu setuju bahwa kebiasaan ini tidak baik bagi gigi dan kesehatan rongga mulut secara umum.

American Dental Association memberikan anjuran berikut bagi orang tua untuk membantu menghentikan kebiasaan buruk anaknya ini.

1. Daripada harus memarahi anak karena suka menghisap jempol, akan lebih baik bila Anda lebih sering memuji anak ketika mereka tidak melakukan kebiasaan ini.

2. Kebiasaan menghisap jempol biasanya merupakan bentuk kompensasi anak terhadap rasa cemas yang dialaminya atau cara anak untuk memperoleh rasa nyaman. Sebagai orang tua, kita dapat mencoba mencari cara lain untuk mengatasi rasa cemas anak ataupun cara untuk membuat anak merasa nyaman dan senang, sehingga pikirannya dapat teralihkan dari kebiasaan buruk itu.

3. Minta dokter gigi Anda untuk menjelaskan kepada anak tentang akibat dari melakukan kebiasaan menghisap jari.

4. Bungkus jempol anak dengan plester luka ataupun dengan mengoleskan jempolnya dengan suatu obat khusus yang memiliki rasa tidak enak yang direkomendasikan oleh dokter anak Anda, sehingga anak dapat teringat untuk menghentikan kebiasaan buruknya.

Health Day News: Stop Your Child Thumb-Sucking Habit





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama