Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 18 Januari 2012

Nicotine Patch Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Tidak hanya membantu orang untuk berhenti dari kebiasaan menghisap rokok, menurut sebuah penelitian nicotine patch juga dapat digunakan untuk membantu orang yang memiliki masalah dengan daya ingat.

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa nicotine patch ternyata dapat membantu memperbaiki daya ingat dan kemampuan kognitif. Penelitian dilakukan terhadap orang yang tidak merokok yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan placebo, sedangkan kelompok yang kedua diberikan nicotine patch setiap hari selama 6 bulan.

Selama enam bulan tersebut, naracoba juga menjalani serangkaian tes untuk menguji kemampuan berpikir dan daya ingat mereka. Di akhir perawatan, naracoba yang diberikan nicotine patch ternyata mengalami peningkatan performa sebesar 46 persen. Performa ini dapat dikatakan sebagai performa normal jangka panjang untuk orang-orang seusia mereka. Sementara itu, mereka yang menerima placebo malah mengalami penurunan performa sebesar 26%.

Dilaporkan pula bahwa naracoba yang mendapat nicotine patch ini tidak mengalami efek samping apa pun. Walaupun begitu, sang peneliti, Paul Newhouse, MD, dari Vanderbilt University School of Medicine mengatakan bahwa bukan berarti orang yang mengalami gangguan daya ingat diperbolehkan menggunakan nicotine patch sendiri. Karena penggunaan nicotine sebagai obat haruslah di bawah pengawasan dokter.

Dikatakan bahwa nikotin ternyata dapat menstimulasi reseptor pada otak yang berperan penting untuk daya ingat dan kemampuan berpikir. Orang dengan penyakit Alzheimer kehilangan reseptor penting ini.

Lebih lanjut lagi rencananya akan dilakukan penelitian tentang penggunaan nikotin bagi orang yang mulai mengalami tanda-tanda penurunan daya ingat.


Sumber: Neurology ®, January 2012




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. berarti nicotine patch ini tidak bisa sembarangan di pakai ya? harus dalam resep dokter?

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama